Live Program UHF Digital

MotoGP seri Belanda Masih Milik Francesco Bagnaia

Francesco Bagnaia menjuarai MotoGP seri kedelapan yang berlangsung di sirkuit Dutch TT Assen Belanda pada 25 Juni 2023. Bagnaia mendominasi balapan yang berlangsung sebanyak 26 lap tersebut. Marco Bezzecchi yang menjuarai sesi Sprint sehari sebelumnya, meraih podium dua.

Hal aneh terjadi pada Brad Binder. Binder menunjukkan kekuatannya dan mampu melawan pembalap lain. Ia finis ketiga dan mestinya berdiri di podium. Tapi di lap terakhir ia melakukan kesalahan, melewati batas kecepatan di trek.

Binder diganjar penalty 3 detik dan podium tiga lepas darinya. Kejadian ini seperti yang ia alami saat Sprint sehari sebelumnya. Aleix Espargaro naik ke podium 3 karena insiden penalty Binder.

Banyak pembalap berjatuhan ketika balapan. Jack Miller menjadi pembalap yang jatuh di lap kedua. Insiden kecelakaan disusul oleh duo pembalap Perancis Johann Zarco dan Fabio Quartararo. Fabio hilang control pada motor dan menyeret Zarco ke gravel. Fabio sempat dipapah oleh Marshall dan dibawa ke medical centre untuk pengobatan lebih lanjut.

Para pembalap lain yang gagal finis di Assen adalah Maverick Vinales, Enea Bastianini, Miguel Oliveira, Iker Lecuona dan Fabio Di Giannantonio. Hanya 14 pembalap yang finis dan mendulang poin di seri Assen.

Marc Marquez dinyatakan tidak fit menjelang balapan dan kembali absen. Cedera tulang rusuk yang ia alami membuatnya kesakitan ketika mengendarai motor. Apalagi ia juga sempat jatuh ketika sesi latihan bebas.

Balapan seri Assen terdiri dari 26 lap. Binder melakukan start sempurna dan melesat ke depan. Pecco bagnaia mengikuti di posisi dua. Lap ketiga, Bagnaia melewati Binder dan memaksa Binder turun ke posisi dua. Jarak Bagnaia da Binder masih rapat.

Lap kelima Bezzecchi kejar Binder buat posisi dua. Sementara Luca Marini turun ke posisi 10. Di lap ke 9, Bezzecchi catat fastest lap 1.33.138. Jarak Bezzecchi ke Binder adalah 0,332 detik. Lap ke 13 Takaaki Nakagami mendapat sangsi long lap penalty akibat melewati batas kecepatan trek.

Lap ke 14 Bezzecchi lewati Binder buat posisi 2 dan posisi Binder kembali terancam oleh Aleix Espargaro yang mendekat di posisi 4. Alex marquez menjadi pembalap berikutnya yang mendapat sangsi long lap penalty.

Tiga lap menjelang finis, persaingan ketat terjadi antara Binder, Aleix Espargaro dan Jorge Martin. Masing-masing di posisi 3, 4 dan 5. Bagnaia dan Bezzecchi aman di depan, keduanya terpaut cukup jauh.

Akhirnya Pecco Bagnaia menyentuh garis finis diikuti oleh Marco Bezzecchi. Binder melepas podiumnya untuk Aleix Espargaro.

Posisi klasemen sementara untuk 10 pembalap teratas setelah balap seri Assen Belanda adalah :

  • Francesco Bagnaia 194 poin
  • Jorge Martin 159 poin
  • Marco Bezzecchi 158 poin
  • Brad Binder 114 poin
  • Johann Zarco 109 poin
  • Luca Marini 98 poin
  • Jack Miller 79 poin
  • Aleix Espargaro 77 poin
  • Fabio Quartararo 64 poin
  • Alex Marquez 63 poin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *