Live Program UHF Digital

China Larang Pejabat dan Karyawan Perusahaan Negara Gunakan iPhone, Saham Apple Terjun Bebas

CHINA – China dilaporkan melarang pejabat pemerintah dan karyawan perusahaan milik negara untuk menggunakan iPhone. Wall Street Journal melaporkan pada hari Kamis bahwa Beijing telah mengeluarkan direktif yang melarang pejabat pemerintah pusat menggunakan perangkat Apple.

Pada hari Jumat, Bloomberg melaporkan bahwa larangan tersebut juga mencakup lembaga yang didukung oleh pemerintah dan perusahaan negara, dan akan diperluas ke berbagai organisasi yang dikendalikan oleh pemerintah.

Langkah-langkah yang diambil oleh China, yang belum diumumkan melalui saluran resmi, merupakan salvo terbaru dalam perang perdagangan dan teknologi yang sedang berlangsung antara Washington dan Beijing.

Beijing telah meningkatkan upaya untuk mengurangi ketergantungannya pada teknologi asing dan mendukung perusahaan-perusahaan domestik, termasuk Huawei yang berbasis di Shenzhen, yang ponsel pintar Mate 60 Pro-nya yang baru seharga $1.200 telah digambarkan oleh analis teknologi sebagai pesaing iPhone.

Bank of America mencatat “timing” menarik dari larangan iPhone ini mengingat peluncuran baru-baru ini dari Mate 60 Pro.

“Pembatasan penggunaan pribadi iPhone, yang dapat mengakses jaringan lokal dan mengumpulkan data lingkungan, sejalan dengan komitmen pemerintah untuk memperkuat keamanan siber,” kata Chim Lee, analis China dengan Economist Intelligence Unit, kepada Al Jazeera.

China telah berusaha sejak setidaknya tahun 2016 untuk menutup celah keamanan siber dengan undang-undang dan peraturan baru, tetapi keterbatasan teknologi telah menghambat upayanya hingga saat ini, kata Lee.

“Pembangunan teknologi yang lebih baru-baru ini mungkin telah memberi pemerintah beberapa keyakinan untuk melanjutkan dengan langkah-langkah [keamanan siber] ini,” katanya.

China Larang Pejabat dan Karyawan Perusahaan Negara Gunakan iPhone, Saham Apple Terjun Bebas
Apple Store di Sanghai ( sumber : CFOTO/Future Publishing via Getty Images)

China dan AS melihat perusahaan teknologi satu sama lain sebagai risiko keamanan yang dapat memberikan akses belakang ke data sensitif dan infrastruktur pemerintah.

Pada bulan Mei, Montana menjadi negara bagian AS pertama yang melarang TikTok milik China atas kekhawatiran privasi data, dan sejumlah negara bagian lain mempertimbangkan langkah serupa.

Badan federal AS dan banyak pemerintah negara bagian telah melarang aplikasi tersebut digunakan di ponsel yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Washington juga telah melarang perusahaan-perusahaan AS berbisnis dengan sejumlah perusahaan teknologi China, termasuk Huawei, dan membatasi produsen chip AS untuk menjual teknologi canggih ke China.

Peluncuran Mate 60 Pro, yang ditenagai oleh prosesor Kirin 9000s yang canggih, telah menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas kontrol ekspor ini.

Apa arti larangan iPhone bagi Apple dan perusahaan teknologi Barat lainnya?

Harga saham Apple turun hampir 6 persen dari Rabu hingga penutupan pasar pada hari Jumat, menghapus hampir $200 miliar dari nilai perusahaan paling berharga di dunia.

Larangan ini juga telah membuat dingin perusahaan-perusahaan Barat yang beroperasi di China secara umum karena mereka mempertanyakan seberapa diinginkannya perusahaan asing di ekonomi terbesar kedua di dunia.

Meskipun beberapa pejabat Tiongkok menekankan bahwa Tiongkok sudah kembali berbisnis setelah puncak pandemi COVID-19, serbuan polisi ke perusahaan asing, termasuk Mintz Group, dan undang-undang anti-spionase yang baru saja diberlakukan telah menggarisbawahi kesulitan berbisnis dan mengakses informasi.

Pembatasan terbaru terhadap Apple dapat menambah keraguan tentang berbisnis di Tiongkok, terutama karena perusahaan teknologi berbasis di California itu, hingga baru-baru ini, memiliki hubungan yang relatif baik dengan Beijing.

Apple, yang menghasilkan sekitar 20 persen penjualan globalnya di Tiongkok, secara historis telah setuju dengan tuntutan Beijing untuk mengendalikan, seperti dengan menghapus jaringan pribadi virtual, atau VPN, dari toko iOS Tiongkok-nya untuk mencegah pengguna menghindari sensor internet. Hingga Maret, CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang di Beijing.

Apa arti larangan iPhone bagi Tiongkok?

Larangan ini tidak akan mencegah warga China biasa dari membeli iPhone 15 yang akan segera dirilis dan produk Apple lainnya. Namun, hal ini menegaskan ketegangan yang semakin meningkat antara keinginan Beijing untuk mengendalikan dan masa depan ekonomi China.

Perusahaan-perusahaan termasuk Apple sudah memindahkan produksi dan investasi mereka dari China, tetapi larangan tersebut dapat mempercepat tren tersebut.

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan bulan lalu bahwa perusahaan teknologi asing mulai melihat Tiongkok sebagai “tak dapat diinvestasikan” karena lingkungan bisnis yang semakin bersifat musuh.

Sentimen yang memburuk ini mengancam memperparah tantangan yang dihadapi pemulihan pasca-pandemi Tiongkok, yang terhambat oleh deflasi, perlambatan ekspor, krisis properti nyata, dan pengangguran pemuda yang tinggi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *