Live Program Jelajah UHF Digital

Birmingham City Pecat Wayne Rooney dari Jabatan Manajer Klub

Inggris – Birmingham City memecat manajer Wayne Rooney setelah hanya 83 hari menjabat sebagai manajer klub Championship tersebut. Rooney yang berusia 38 tahun diangkat pada 11 Oktober setelah keputusan kontroversial untuk memberhentikan John Eustace, dengan posisi Blues yang awalnya keenam di klasemen.

Sejak saat itu, mereka turun ke peringkat ke-20, kekalahan 3-0 pada hari Senin melawan Leeds menjadi kekalahan kesembilan selama 15 pertandingan kepemimpinannya.

“Sepakbola adalah bisnis hasil dan saya menyadari bahwa mereka tidak mencapai tingkat yang saya inginkan,” kata Rooney.

Dilansir dari BBC, pelatih pengembangan profesional Steve Spooner akan mengambil alih sementara untuk Birmingham, yang juga telah berpisah dengan salah satu tim kepelatihan Rooney, mantan gelandang Wolves dan Wales, Carl Robinson.

“Saya ingin berterima kasih kepada (co-owners) Tom Wagner dan Tom Brady serta (chief executive) Garry Cook atas kesempatan untuk melatih Birmingham City dan dukungan yang mereka berikan selama periode singkat saya dengan klub,” katanya.

“Namun, waktu adalah komoditas yang paling berharga yang diperlukan manajer dan saya tidak percaya bahwa 13 minggu cukup untuk mengawasi perubahan yang diperlukan.”

“Secara pribadi, akan membutuhkan waktu bagi saya untuk pulih dari setback ini.”

“Saya telah terlibat dalam sepakbola profesional, baik sebagai pemain atau manajer, sejak saya berusia 16 tahun. Sekarang, saya berencana untuk menghabiskan waktu bersama keluarga saya ketika saya bersiap untuk peluang berikutnya dalam perjalanan saya sebagai manajer.”

Sejak pemilik baru Blues, Shelby Companies Limited yang berasal dari Amerika, menunjuk Rooney, kembali mencari dampak global, dia juga hanya memenangkan dua pertandingan. Harapan dewan untuk sepakbola yang sukses dan lebih menarik tidak tercapai.

Rowett, yang meninggalkan Millwall pada bulan Oktober, sudah mulai diisukan menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan untuk menjadi manajer sementara – daftar tersebut juga mencakup mantan bos Swansea City dan mantan bos Nottingham Forest yang dipecat, Steve Cooper.

Blues unggul enam poin dari zona degradasi dan akan bertandang ke markas Hull City dalam putaran ketiga Piala FA pada hari Sabtu.

Mereka menghadapi tiga pertandingan penting dalam liga sebelum jendela transfer Januari ditutup – semuanya melawan tim yang berada di atas mereka di klasemen, Swansea dan Middlesbrough di kandang, di antara pertandingan tandang melawan Stoke.

Diasumsikan bahwa Rooney, yang diangkat setelah jendela transfer terakhir ditutup, akan diberikan kesempatan hingga jendela transfer Januari untuk memperbaiki situasi. Namun, klub memutuskan untuk bertindak sekarang, memberi manajer baru waktu untuk bekerja pada potensi pembelian pemain baru.

Rooney sekarang menjadi manajer Blues dengan masa jabatan terpendek, dalam hal periode waktu, dalam sejarah 132 tahun klub ini. Tapi dia bertahan dua pertandingan lebih lama dari Redknapp, yang, setelah menyelamatkan Blues dari degradasi, meninggalkan klub hanya enam minggu setelah dimulainya musim 2017-18 setelah hanya 13 pertandingan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *