Live Program Jelajah UHF Digital

Breaking News: Kemenag Tetapkan 1 Syawal 1445 Jatuh Pada 10 April 2024

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Syawal 1445 Hijiriah jatuh pada 10 April 2024. Penetapan itu berdasarkan hasil Sidang Isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2024)..

“Disepakati bahwa 1 Syawal 1445 H jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024 Masehi,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut dalam konferensi pers di Kantor Kemenag RI

Yaqut menegaskan bahwa 9 April 2024 merupakan hari terakhir Ramadhan 1445 Hijriah, dan mulai malam ini umat Muslim akan mengumandangkan takbir Hari Raya Idul Fitri.

Yaqut menambahkan dalam sidang Isbat ini dihadiri berbagai unsur dari Tim Rukyatul Hilal Kemenag, pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), ormas Islam, akademisi, pakar astronomi, BMKG, BRIN, Komisi VII DPR RI hingga perwakilan duta besar negara sahabat.

Sebelum dilangsungkan Sidang Isbat, kegiatan diawali dengan seminar posisi hilal. Kemenag telah menyebarkan tim Rukyatul Hilal untuk memantau langsung posisi bulan sabit baru di 134 titik pemantauan hilal mulai dari Sabang, Aceh sampai Merauke, Papua.

Tim lalu melaporkan posisi hilal untuk dijadikan bahan seminar dalam penetapan Lebaran 2024.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *