Live Program Jelajah UHF Digital

BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, 700 UMKM Jual Produk Unggulan

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menggelar BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di tahun 2023, memasuki tahun kelima penyelenggaraan. Event ini berlangsung mulai 7 hingga 10 Desember 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) dan bertujuan sebagai platform business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen internasional.

Program ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor produk UMKM di dalam negeri. BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini mengusung tema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global.

BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, 700 UMKM Jual Produk Unggulan
aksesoris dari kulit dan batu (sumber : Garuda TV)

 

Sunarso, Direktur Utama BRI, menyatakan target nilai transaksi melalui business matching antara UMKM lokal dengan konsumen global pada ajang ini sebesar USD80 juta atau setara dengan Rp1 triliun. Sunarso menjelaskan bahwa nilai kesepakatan melalui business matching di ajang ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pada 2019, nilainya sebesar USD33,5 juta, meningkat pada 2020 menjadi USD57,5 juta, dan pada 2021 kembali naik menjadi USD72,1 juta. Tahun 2021 menjadi penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) yang menarik karena dilakukan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Pada 2022, nilai transaksi mencapai USD76,7 juta.

“Alhamdulillah ini adalah tahun ke lima kita menyelenggarakan event ini. Dan selalu saja dari sisi jumlah peserta, kualitas barang atau produk yang dipamerkan itu selalu meningkat. Kemudian juga dengan volume bisnis yang terjadi dari transaksinya. Yang paling penting bukanlah transaksi yang terjadi di tempat ini, namun transaksi dari business matching yakni mempertemukan pelaku UMKM domestik dengan para buyer dari luar negeri, baik secara online maupun offline,” ujar Sunarso saat membuka acara di Jakarta Convention Center.

 

BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, 700 UMKM Jual Produk Unggulan
produk jamu herbal (sumber : Garuda TV)

 

“Dan tahun ini kita targetkan mencapai USD80 juta, atau kalau dirupiahkan itu mencapai sekitar Rp1 triliun yang dihasilkan dari pameran ini,” tambahnya.

BRI mengajak 700 UMKM terkurasi dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023. Dari jumlah tersebut, 378 UMKM adalah pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM, dan BRI Ventures.

Selain itu, terdapat 153 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader, 32 UMKM anggota SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), dan 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi dan UKM. Produk-produk terbaru dan terbaik dari berbagai daerah akan dipamerkan dalam lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini, yaitu Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *