Live Program Jelajah UHF Digital

Google Doodle Mengenang Aminah Cendrakasih, Aktris Ikonik Indonesia

Jakarta – Ketika mengakses laman Google pada hari Senin (29/1/2024), terlihat gambar seorang perempuan yang mungkin sudah familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Halaman utama mesin pencarian ini menampilkan doodle yang menggambarkan aktris Indonesia terkenal, almarhumah Aminah Cendrakasih yang hari ini berusia 86 tahun.

Potret karikatur Aminah yang memerankan Mak Nyak di sinetron “Si Doel” terpampang di dalam layar televisi klasik, lengkap dengan tudung kepala khasnya. Di sekitar gambar Aminah, terdapat elemen dekoratif berupa bunga dengan latar belakang berwarna jingga. Ketika gambar tersebut diklik, berbagai informasi terkait profil Aminah selama hidupnya muncul.

“Doodle ini memperingati Aminah Cendrakasih, aktris ikonik Indonesia yang terkenal melalui perannya sebagai Lela dalam serial televisi “Si Doel Anak Sekolahan”. Dia tampil di hampir 120 film selama lima dekade kariernya,” demikian dijelaskan oleh Google.

Aminah dijadikan Google Doodle karena pada hari ini, 29 Januari, merupakan hari ulang tahunnya. Aminah dilahirkan di Magelang, Jawa Tengah, pada 29 Januari 1938, dari pasangan pelawak Husin Nagib dan aktris Wolly Sutinah.

Sejak remaja, Aminah mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarier di dunia hiburan. Pada tahun 1955, ketika berusia 17 tahun, dia membuat debutnya dalam film “Oh, Ibuku”. Pada tahun yang sama, dia berakting bersama ibunya dalam film “Gambang Semarang”. Baru di film ketiganya, Aminah mendapatkan peran utama dalam “Ibu dan Putri” (1955).

Penampilan karismatiknya di film “Serampang 12” semakin meningkatkan daya tariknya di seluruh Indonesia. Ketenaran Aminah terus melonjak seiring berjalannya waktu. Selama beberapa dekade berikutnya, Aminah memerankan lebih dari 100 karakter dalam acara dan film yang terkenal.

Peran ikonik dan mendalamnya sebagai Mpok Lela atau Mak Nyak dalam serial “Si Doel Anak Sekolahan” membuat Aminah diakui oleh lintas generasi. Berkat kontribusinya, Aminah meraih berbagai penghargaan, termasuk Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Indonesian Movie Actors Awards.

Meskipun Aminah meninggal pada 21 Desember 2022 pada usia 84 tahun, warisan serta karyanya terus dikenang. “Selamat ulang tahun, Aminah Cendrakasih! Film dan acara Anda terus memberikan kesenangan kepada penonton di seluruh dunia,” tulis Google dalam keterangan resminya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *