Live Program Jelajah UHF Digital

Hadapi El Nino, Presiden Jokowi Pastikan Stok Pangan Aman

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pastikan stok pangan di Indonesia aman menghadapi fenomena alam El Nino.

“Informasi dari Bulog Kementan tidak ada masalah pasokan untuk saat ini,” katanya saat meninjau Pasar Rakyat di Lapangan Rampal, Kota Malang, pada Senin sore (24/7/2023).

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan bahwa fenomena El Nino diprediksi terjadi pada bulan Agustus 2023 yang bakal mengganggu kesehatan. Termasuk juga mengganggu stok pangan dan beras, sebagaimana dialami beberapa negara di dunia.

“Di negara lain, kejadian lain mempengaruhi stok pangan. Kayak di India ada stop nggak ekspor beras lagi, di Vietnam juga stop nggak ekspor beras lagi. Kita tidak berharap kejadian itu terjadi di negara kita sehingga semuanya harus disiapkan,” jelasnya.

Jokowi telah meminta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta seluruh kepala daerah di tingkat gubernur, bupati, wali kota untuk memperkuat anggaran untuk bantuan sembako selama fenomena El Nino terjadi.

“Telah memerintahkan ke BUMN, seluruh gubernur, bupati walikota memperbanyak pasar-pasar murah di daerah sebanyak-banyaknya. Kedua kalau bisa punya anggaran bantuan sembako masyarakat diperkuat, diperbanyak,” jelasnya.

“Kita ada data-data yang daerah mana yang memerlukan, dan daerah mana yang tidak, sehingga kita berharap kita bisa mendahului agar apabila nanti El Nino datang, masyarakat tidak takut. Tidak ada masalah pasokan sat ini,” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *