Live Program Jelajah UHF Digital

Pantai Taiwan Diguncang Gempa, Sejumlah Gedung Ambruk

TAIWAN – Pantai Taiwan diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,4 pada Rabu pagi (3/4/2024). Sejumlah bangunan di kawasan itu ambruk.

Berdasarkan Survei Geologi AS (USGS), gempa bumi terkuat ini melanda pulau itu dalam 25 tahun.

Pukul 07.58 waktu setempat, sebuah gempa mengguncang wilayah yang terletak 18 kilometer (11 mil) di selatan kota Hualien, dengan kedalaman mencapai 34,8 kilometer (21 mil).

Gempa tersebut menyebabkan serangkaian gempa susulan yang kuat, dirasakan di seluruh pulau Taiwan, bahkan oleh staf CNN di Taipei.

Laporan awal menyebutkan adanya kerusakan yang signifikan, dengan orang-orang terjebak di bangunan yang roboh di Hualien County, ribuan rumah tanpa listrik, serta jalan utama di sepanjang pantai timur pulau ditutup karena tanah longsor dan batu runtuh.

Juru bicara Administrasi Cuaca Pusat Taiwan memperingatkan kemungkinan adanya gempa susulan berkekuatan 7 skala Richter yang akan berlanjut hingga akhir minggu ini.

Gempa tersebut memicu peringatan tsunami di Taiwan, Jepang Selatan, dan Filipina, meskipun gelombang yang terdeteksi hanya setinggi kurang dari setengah meter di beberapa pantai. Akibatnya, maskapai penerbangan menunda beberapa penerbangan.

Peringatan tsunami di Jepang kemudian dicabut oleh Badan Meteorologi Jepang.

Kementerian Pertahanan Taiwan telah mengirim personel militer untuk memberikan bantuan dalam penanggulangan bencana. Sekolah dan tempat kerja dihentikan operasinya sebagai tindakan pencegahan saat gempa susulan masih terjadi.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, yang masa jabatannya akan segera berakhir, telah memerintahkan pemerintahannya untuk menangani situasi ini dengan cepat dan memahami dampaknya secara lokal. Dia juga menekankan pentingnya memberikan bantuan yang diperlukan dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meminimalkan dampak bencana.

Taiwan sering kali menjadi sasaran gempa bumi karena lokasinya yang terletak di Cincin Api Pasifik, wilayah dengan aktivitas seismik dan vulkanik yang tinggi dari Indonesia hingga Chile.

Menurut Badan Cuaca Pusat, gempa ini merupakan yang terkuat yang melanda Taiwan sejak tahun 1999. Gempa dengan kekuatan 7,7 skala Richter itu terjadi 93 mil (150 kilometer) di selatan Taipei, menewaskan 2.400 orang dan melukai 10.000 lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *