Live Program Jelajah UHF Digital

Potongan Tarif 20 Persen, Jasa Marga Siapkan Kemudahan Arus Mudik Lebaran 2024 dari Jakarta ke Semarang

PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama dengan kelompok usahanya dan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya di Jalan Tol Trans Jawa mulai memberlakukan potongan tarif sebesar 20% mulai hari ini, Rabu, 3 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 5 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk perjalanan dari Jakarta menuju Semarang selama periode arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445/Tahun 2024. Potongan tarif 20% ini berlaku khusus untuk perjalanan menerus dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang pada arus mudik.

Lisye Octaviana, Kepala Kelompok Komunikasi Korporat dan Pengembangan Masyarakat Jasa Marga, menekankan bahwa potongan tarif ini bertujuan untuk mengatur aliran lalu lintas yang diperkirakan akan meningkat pada hari Jumat, 5 April 2024, serta menghindari kepadatan lalu lintas pada puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada Sabtu, 6 April 2024.

Langkah ini sejalan dengan imbauan Pemerintah untuk memulai perjalanan mudik lebih awal dan menghindari puncak arus mudik, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan potongan tarif ini untuk menghindari kemacetan di jalan tol Jasa Marga Group terutama dari Jakarta hingga Semarang.

“Penting untuk diingat bahwa potongan tarif hanya berlaku untuk transaksi menggunakan uang elektronik (e-toll). Potongan tarif tidak berlaku jika saldo e-toll tidak mencukupi atau transaksi tidak terbaca, serta untuk golongan kendaraan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, pastikan saldo e-toll mencukupi sebelum memulai perjalanan, terutama minimal Rp500.000 untuk kendaraan golongan I dari Jakarta ke Semarang, untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Kalikangkung,” ujar Lisye.

Potongan tarif sebesar 20% berlaku untuk semua golongan kendaraan. Untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan melalui beberapa ruas jalan tol, termasuk jalan tol Jasa Marga Group seperti Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang, dan Semarang Seksi ABC, serta jalan tol Non Jasa Marga Group seperti Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pemalang-Batang.

“Pemberlakuan potongan tarif tol dihitung saat keluar dari gerbang tol, yaitu di GT Kalikangkung selama periode arus mudik atau GT Cikampek Utama selama periode arus balik sesuai dengan tanggal dan waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, potongan tarif tidak berlaku jika pengguna jalan keluar dari gerbang tol pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif setelah pukul 05.00 WIB. Untuk itu, kami mengimbau pengguna jalan untuk merencanakan perjalanan mereka dengan baik agar dapat memanfaatkan potongan tarif sebesar 20% ini,” jelas Lisye.

Selain itu, potongan tarif tol 20% akan berlaku kembali selama periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445/Tahun 2024, yaitu mulai Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk perjalanan dari Semarang menuju Jakarta (hanya berlaku dari GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama). Besaran potongan tarif ditentukan berdasarkan golongan kendaraan dan tarif tol yang berlaku.

Jasa Marga kembali mengingatkan pengguna jalan untuk mengatur waktu perjalanan mereka dengan bijak, menghindari puncak arus mudik dan arus balik, serta memanfaatkan potongan tarif sebaik mungkin. Patuhi rambu dan arahan petugas di jalan tol, serta hindari berlama-lama di rest area.

Selalu pantau informasi lalu lintas terbaru dan aturan dari pihak kepolisian, yang dapat diakses melalui One Call Center Jasa Marga, aplikasi Travoy, akun resmi Jasa Marga di media sosial, dan layanan informasi lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *