Live Program UHF Digital

Prajurit Raider 303 dan Masyarakat Puncak Jaya Gotong Royong Bangun Rumah Honai

Personil Satgas 303 Kostrad, yang dipimpin oleh Komandan Pos Mayuberi, bahu-membahu dengan masyarakat dalam membangun honai atau rumah adat asli Papua dari suku Damal milik Murib di Kampung Mayuberi, Kabupaten Puncak Papua. Hal ini disampaikan oleh Komandan Satgas Yonif Raider 303 Kostrad, Letkol Infanteri Slamet Faojan, di Ilaga, Kabupaten Puncak Papua pada Kamis, 8 Juni 2023.

Komandan Satgas menyatakan bahwa keberadaan TNI haruslah menjadi solusi bagi masyarakat di sekitarnya. Selain ramah lingkungan, honai itu sendiri memiliki nilai kearifan lokal yang harus dijaga dan dipertahankan oleh masyarakat adat Papua.

Di tempat terpisah, Lettu Infanteri Riski Beny, selaku Komandan Pos Mayuberi yang memimpin kegiatan tersebut, menegaskan bahwa sebagai TNI yang lahir dari rakyat, keberadaannya harus peka terhadap lingkungan dan berusaha membantu meringankan beban warga masyarakat.

Kegiatan pembangunan honai tersebut didasarkan atas komunikasi antara warga dengan personil Satgas yang mengeluhkan membutuhkan bantuan tenaga dalam pembuatan honai baru di Kampung Mundiba, Kabupaten Puncak. Mendengarkan keluhan warga, Komandan Pos Mayuberi beserta anggota pos langsung melaksanakan aksi untuk membantu masyarakat membangun honainya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *