Live Program UHF Digital

Spanyol Juara Euro 2024, Kalahkan Inggris dan Cetak Lima Rekor

Timnas Spanyol berhasil menjuarai Euro 2024 setelah mengalahkan timnas Inggris dalam partai final yang berlangsung di Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada Senin (15/6/2024) dini hari WIB. La Furia Roja, di bawah asuhan Luis de la Fuente, menang dengan skor 2-1.

Pertandingan final Euro 2024 berlangsung ketat tanpa gol pada babak pertama. Namun, Spanyol langsung tancap gas di babak kedua. Dua menit setelah babak kedua dimulai, Nico Williams membuka keunggulan Spanyol dengan memanfaatkan umpan terobosan dari Lamine Yamal.

Inggris berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-73 melalui pemain pengganti Cole Palmer yang mencetak gol indah hasil assist Jude Bellingham. Spanyol kemudian memastikan kemenangan lewat sontekan Mikel Oyarzabal yang menerima umpan manis dari Marc Cucurella.

Keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2024 mengukir sejumlah rekor penting. Berikut 5 rekor yang diciptakan Spanyol di Piala EURO 2024 :

Menjadi Negara dengan gelar Euro Terbanyak

Mereka kini menjadi negara dengan gelar Euro terbanyak, mengoleksi empat trofi dan melampaui Jerman yang memiliki tiga trofi.

Tim pertama di Piala Euro dengan 7 kemenangan

Perjalanan Spanyol di Euro 2024 sangat sempurna, dengan tujuh kemenangan dari tujuh pertandingan yang semuanya diraih dalam waktu normal. Spanyol menjadi tim pertama yang memenangkan Euro dengan menyapu bersih seluruh pertandingan.

Cetak 15 gol selama pertandimgan

Selain itu, Spanyol juga mencatat rekor baru dengan total 15 gol selama turnamen, mengalahkan rekor Prancis pada era Michel Platini di tahun 1984.

Pemain Termuda di Final Piala Euro

Rekor lainnya adalah mengenai pemain termuda yang tampil di final Euro. Winger Spanyol, Lamine Yamal, masuk buku sejarah sebagai pemain termuda yang pernah bermain di final Euro atau Piala Dunia, melampaui rekor Pele. Yamal baru berusia 17 tahun satu hari saat melawan Inggris di Olympiastadion.

Pemain Termuda yang Cetak Gol di Final Euro

Nico Williams juga mencatatkan dirinya sebagai pemain termuda kedua yang mencetak gol di final Euro pada usia 22 tahun dan dua hari.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Euro, ada dua pemain remaja yang bermain sebagai starter dalam final. Selain Yamal di tim Spanyol, ada Kobbie Mainoo dari timnas Inggris yang berusia 19 tahun 86 hari.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *