Live Program Jelajah UHF Digital

Bangga Banget, Film Autobiography akan Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2024

Jakarta – Komite Seleksi Oscar Indonesia telah memutuskan untuk mengirim film “Autobiography” ke dalam kompetisi kategori Internasional Fitur Film di Academy Awards 2024 di Amerika Serikat. Keputusan ini diambil setelah anggota komite menonton film tersebut bersama dengan film-film unggulan lainnya, dan melakukan diskusi di Studio XXI Plaza Senayan pada Senin (11/9) malam.

Komite Seleksi Oscar Indonesia, yang terdiri dari sembilan tokoh perfilman Indonesia, antara lain Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Alim Studio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno, Nur Hidayat, Sha Ine Febriyanti, dan Deddy Mizwar.

Dilansir dari Antara, mereka melakukan seleksi dan memilih satu film dari sekitar 100 produksi nasional yang tayang mulai 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023. Pembentukan komite seleksi ini didukung oleh Pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) pada akhir Juli lalu dan telah mendapatkan persetujuan dari Academy Awards.

Penghargaan Academy Awards dalam kategori Internasional Fitur Film diberikan setiap tahun oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences kepada film-film non-Amerika Serikat yang dialognya tidak berbahasa Inggris. Kategori ini pertama kali diperkenalkan pada Academy Awards tahun 1956. Puncak perhelatan Piala Oscar ke-96 akan digelar pada 10 Maret 2024.

Proses produksi film Autobiography telah melibatkan sejumlah sineas Tanah Air dan praktisi kamerawan dan penyunting suara dari mancanegara. Meskipun begitu, cerita dan pesan film ini amat gamblang menggambarkan isu sosial-politik di masyarakat Indonesia.

Film “Autobiography” diproduksi oleh KawanKawanMedia yang disutradarai Makbul Mubarak bercerita mengenai perjalanan emosional dan konflik moral pemuda Rakib dengan seorang purnawirawan jendral bernama Purna di dalam mencari makna sejati dari keluarga dan kepercayaan. Saat Rakib mulai menyelidiki masa lalu Purna, ternyata ia menemukan fakta-fakta mengejutkan yang berbanding terbalik dari harapannya.

Autobiography dibintangi Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Yusuf Mahardika, Lukman Sardi, hingga Rukman Rosadi. Film Autobiography telah meraih banyak penghargaan. Antaranya :

  • Fipreci Prize Venice Film Festival 2022
  • Best film Adelaide Film Festival 2022
  • Tokyo Filmex Grandprix 2022
  • Best Film Singapore Film Festival 2022
  • Golden Hanoman Jogja NETPAC Asian Film Festival 2022
  • Best Film QCinema Philipine 2022
  • Best Film Malaysia International Film Festival
  • Best Screenwriter Asia Pacific Screen Award 2023
  • Piala Citra naskah asli FFI 2022
  • Best Actor Marakesh International Film Festival 2022
  • NETPAC Award Taipei Golden horse Film Festival 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *