Live Program Jelajah UHF Digital

Elektabilitas Prabowo-Gibran Melesat, SPIN: Berpotensi Satu Putaran

JAKARTA – Pasangan Capres dan Cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo-Gibran berpotensi menang dalam satu putaran. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Survey & Polling Indonesia (SPIN) pada Senin (15/1/2024).

Hasil survei SPIN menyebutkan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran melampaui 50 persen. Angka tersebut tentunya meninggalkan jauh dua paslon lainnya.

“Perolehan suara untuk 02, cenderung meningkat jadi 50,9%. Saya bisa bayangkan, kalau tinggal 0,1% lagi, jadi 51%.berarti 50+1, bisa satu putaran,” kata Direktur eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara.

Igor membeberkan adapun paslon nomor urut 1, Anies-Muhaimin meraih elektabilitas sebesar 18,7% dan paslon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud mendapat elektabilitas sebanyak 23,5%.

Raihan hasil itu, menurut Igor Anies maupun Ganjar mengalami penurunan, terutama pascadebat ketiga yang digelar pada 7 Januari lalu.

“Terutama Anies-Muhaimin ya, cukup dalam terkoreksi, mungkin ini dampak dari gaya debat Anies yang terlalu menyerang Prabowo,” ungkapnya.

“Keingingan Anies mendapatkan peningkatan poin dukungan, tapi malah blunder. Yang memperoleh poin dukungan justru Prabowo,” tutur Igor.

Lembaga SPIN menggelar survei sepanjang periode 8-14 Januari 2024. Sebanyak 2.178 respon dari 38 provinsi Indonesia terlibat dalam survei tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *