Live Program Jelajah UHF Digital

Jenderal Dudung Abdurachman Dikukuhkan Jadi Guru Besar di STHM

JAKARTA – Jenderal Dudung Abdurachman dikukuhkan sebagai guru besar di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM). Dudung akan menjalani diakhir karirnya sebagai tenaga pendidik.

“Alhamdulillah hari ini saya dikukuhkan sebagai Professor, sebagai Guru Besar di Perguruan Tinggi STHM dengan orasi tadi yang berjudul ‘Pengaruh Geopolitik Dan Geostrategi Pada Penguatan Kepemimpinan Tni Angkatan Darat Dalam Mewujudkan Visi Ketahanan Nasional’,” kata Dudung setelah pengukuhan di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).

Atas dikukuhkannya sebagai guru besar, Dudung menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Senat Dewan Guru Besar STHM Jenderal TNI (Purn) Hendropriyono yang telah mengukuhkannya. Tidak lupa, Dudung pun berterima kasih kepada Angkatan Darat.

“Jadi saya tentunya berterima kasih kepada Dewan Senat yang telah mengukuhkan saya dan tentunya saya berterima kasih kepada seluruh TNI jajaran Angkatan Darat yang telah berkontribusi dalam rangka menguatkan kepemimpinan saya di Angkatan Darat,” jelasnya.

Dudung menuturkan sebagai seorang militer ini tidak cukup ilmunya dalam rangka menggeluti dunia militer walaupun saya bintang empat, tetapi ada ilmu-ilmu di sipil yang harus kita kuasai.

“Karena memang kalau ilmunya militer itu kan ilmu katon, ilmu yang kelihatan betul. Tapi kalau ilmu sipil itu bagaimana kita berinteraksi, bagaimana kita memahami masyarakat bahkan memahami lingkungan sehingga nantinya pada saat mengambil keputusan kita tidak serta merta dengan kekuatan-kekuatan militer itu sendiri. Sehingga banyak secara komprehensif, holistik dan integral di dalam mengambil suatu keputusan,” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *