Live Program Jelajah UHF Digital

KKB Papua Serang Dua Prajurit TNI Satgas Yudha Sakti di Hari Natal

PAPUA – Dua prajurit TNI dari Pos Satgas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti (Yonif 133/YS) di Kampung Buosah, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, menjadi sasaran serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Senin, 25 Desember 2023.

Serangan yang dilakukan oleh kelompok KKB Teroris ini menyebabkan satu prajurit tewas dan yang lainnya mengalami luka parah. Dua prajurit tersebut adalah Pratu Frangky Gula yang terluka parah akibat tembakan di perut dan Kopda Hendrianto yang gugur karena tertembak di kepala.

Komandan Korem 181 PVT Brigjen TNI Totok Sutriono mengatakan kejadian penyerangan KKB terhadap Pos Satgas Yonif 133/YS terjadi sekitar pukul 14.30 WIT. Sekelompok 8 anggota KKB (TPNPB Kodap IV Sorong Raya) di bawah pimpinan Manfred Fatem tiba-tiba menyerang pos tersebut.

“Terjadi baku tembak antara Pasukan TNI dari Satgas Yonif 133/Yudha Sakti dengan KKB Papua di lokasi tersebut,” ucapnya.

Totok mengungkapkan bahwa dalam serangan ini, 2 personel TNI menjadi korban. Pratu Frangky Gula mengalami luka tembak di perut sebelah kanan dan sedang dalam perjalanan evakuasi ke Rumah Sakit untuk penanganan medis lebih lanjut. Sementara Kopda Herdianto meninggal dunia akibat luka tembak di kepala, meninggalkan seorang istri dan 2 anak.

Upaya pengejaran terhadap kelompok KKB sedang dilakukan oleh pihak TNI. Meskipun demikian, keselamatan warga sipil tetap menjadi prioritas bagi pihak TNI di lokasi kejadian.

Situasi terkini di lokasi masih melibatkan pengejaran anggota KKB, namun tidak ada laporan mengenai korban dari masyarakat sekitar.

Doa sangat diharapkan bagi keselamatan para aparat TNI yang sedang menjalankan tugas mereka untuk melindungi masyarakat serta melayani negara, ujar Danrem.

Mayor Inf Bambang Triyono, Kapenrem 181/PVT, menambahkan bahwa jenazah Kopda Herdianto akan disemayamkan di Mako Yonif 762 Sorong pada Selasa (26/12/2023). Kemudian, jenazah akan dipindahkan ke Markas Yonif 133/YS di Padang, Sumatera Barat.

“Upacara persemayaman di Yonif 762 dilaksanakan pada pagi ini, kemudian pengantaran ke Bandara DEO Sorong. Selanjutnya, dengan pesawat komersil, jenazah akan diberangkatkan ke Yonif 133/YS di Padang, Sumatera Barat,” tutup Mayor Inf Bambang Triyono.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *