Live Program Jelajah UHF Digital

Lionel Messi Menang Ballon d’Or 2023 dan Raih Bola Emas ke 8

Paris – Lionel Messi, sebagaimana yang banyak diduga oleh pecinta sepakbola di seluruh dunia, meraih penghargaan Ballon d’Or 2023 yang prestisius.

Pencapaian luar biasa ini diumumkan dalam sebuah acara seremoni di Theatre du Chatelet, Paris, pada Senin (30/10/23) waktu setempat, atau Selasa dini hari waktu Indonesia. Dalam malam yang penuh gemerlap, Messi menerima trofi Bola Emas dengan bangga.

Dalam perjalanan meraih penghargaan ini, kapten timnas Argentina tersebut berhasil mengalahkan 29 nominator lainnya, termasuk rival beratnya, Erling Haaland. Messi juga mengungguli dua pemenang Ballon d’Or sebelumnya, yaitu Luka Modric dan Karim Benzema.

Pencapaian paling mencolok yang mungkin menjadi poin penting dalam kemenangan Messi adalah keberhasilan timnas Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 2022.

Pemenang Ballon d’Or ditentukan melalui voting yang dilakukan oleh 100 jurnalis olahraga dari negara-negara yang masuk dalam 100 besar ranking FIFA. Mereka diminta memilih lima pemain terbaik versi mereka dari 30 nama kandidat yang masuk dalam daftar.

Hasilnya, Messi mendapatkan suara terbanyak, membuatnya meraih penghargaan prestisius ini untuk yang kedelapan kalinya dalam kariernya yang cemerlang. Penentuan pemenang ini telah memicu spekulasi sejak beberapa waktu sebelum pengumuman resmi.

Salah satu bocoran pertama datang dari seorang sahabat dekat keluarga Messi, Alessandro Dossetti. Ia mengklaim telah diberitahu oleh France Football bahwa Messi akan menjadi pemenang Ballon d’Or 2023.

Berita tersebut juga diperkuat oleh pernyataan Fabrizio Romano, seorang pakar transfer sepakbola asal Italia, yang memprediksi bahwa Messi akan memenangkan Ballon d’Or 2023. Meskipun indikasi ini telah tersebar, keputusan resmi diumumkan dalam seremoni tersebut, membuat Messi naik ke podium sebagai pemenang prestisius ini.

Dengan penghargaan ini, Messi membuat sejarah baru. Ia menjadi pemain pertama yang bermain untuk klub di luar Eropa yang berhasil meraih Ballon d’Or. Perlu diingat bahwa sejak Juli 2023, Messi bermain untuk klub Amerika, Inter Miami.

Sebelumnya, dia memenangkan Ballon d’Or pada tahun 2021 ketika bermain untuk Paris Saint-Germain. Sementara itu, enam penghargaan sebelumnya diraih ketika Messi memperkuat Barcelona. Kini, dengan delapan trofi Ballon d’Or di tangannya, Messi semakin mengukuhkan dirinya sebagai pemilik jumlah penghargaan tertinggi dalam sejarah, unggul tiga trofi atas rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *