Live Program Jelajah UHF Digital

MotoGP Argentina Dibatalkan, Musim 2024 Jadi 21 Seri Saja

Grand Prix MotoGP Argentina 2024 harus dibatalkan. Dalam pernyataan resmi, FIM, IRTA, dan Dorna Sports mengumumkan pembatalan GP Argentina 2024. Alasan di balik keputusan ini adalah kondisi saat ini di Argentina yang membuat promotor acara tidak dapat menjamin penyelenggaraan Grand Prix sesuai dengan standar MotoGP.

Acara yang seharusnya digelar pada 5-7 April 2024 ini merupakan putaran ketiga dari kalender MotoGP 2024. Sayangnya, pembatalan ini tidak akan diisi dengan acara pengganti, dan MotoGP berharap untuk kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada tahun 2025.

Pemerintah baru di Argentina, yang berusaha mengurangi biaya, dilaporkan menjadi faktor utama di balik keputusan MotoGP untuk membatalkan acara tersebut.

Argentina menjadi tuan rumah MotoGP kembali pada tahun 2014 setelah absen selama 15 tahun. Sirkuit Termas de Rio Hondo menjadi lokasi balapan rutin setiap tahun, kecuali pada tahun 2020 dan 2021.

Pada tahun lalu, Marco Bezzecchi mencetak kemenangan di balapan yang diguyur hujan, meraih kemenangan pertamanya dalam ajang MotoGP dan sekaligus memberikan kemenangan kelas utama pertama untuk tim VR46 milik Valentino Rossi.

Pertandingan tersebut juga menjadi salah satu dengan jumlah penonton terbanyak, dengan 186.038 penggemar yang menyaksikan di akhir pekan tersebut. Sayangnya, dengan pembatalan ini, MotoGP kehilangan salah satu acara yang paling dinantikan dalam kalender balapan. Sirkuit cadangan resmi untuk MotoGP tahun 2024 adalah Balaton Park di Hungaria, tetapi belum dihomologasi untuk digunakan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *