Live Program Jelajah UHF Digital

Peta Kekuatan Prabowo, Ganjar dan Anies Jelang Debat Capres ke Tiga

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali akan mengelar debat capres pada Minggu 7 Desember mendatang. Debat Capres ke tiga akan diselenggarakan di Istora Senayan,. Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Debat capres ke 3 akan mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik dengan tambahan subtema seperti Globalisasi (subtema) dan Politik luar negeri (subtema).

Jelang debat ke-3 tersebut, para paslon juga mengalami dinamika elektabilitas. Berikut ini elektabilitas ketiga paslon berdasarkan survei terkini:

LSI Denny JA

Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA) merilis survei elektabilitas akhir tahun 2023 mengenai capres dan cawapres 2024. Survei dilakukan pada 17 hingga 23 Desember lalu yang melibatkan 1200 responden dengan menggunakan metode sampling survei adalah multi-stage random sampling. menghasilkan survei menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,3%.

Kemudian elektabilitas Paslon Anies -Muhaimin Iskandar meraih Anies-Cak Imin 25,3% dan Ganjar-Mahfud harus puas meraih diangka 22,9%

Sementara itu nuntuk suara tidak sah hanya 0,6 persen dan tidak menjawab hanya 7,9 persen.

LSN

Lembaga Survei Nasional (LSN) melakukan survei elektabilitas ketiga paslon Capres dan Cawapres pada pilpres 2024.

Survei yang digelar pada 28 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dengan melibatkan 1.420 responden dari dari 38 provinsi. Para responden diambil secara acak sederhana.

Pengumpulan data survei dilakukan dengan metode telepon. Adapun margin of error survei +/- 2,6% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut ini hasilnya:

Prabowo-Gibran 49,5%
Anies-Cak Imin 24,3%
Ganjar-Mahfud 20,5%
TT/TJ 5,7%

Indikator Politik Indonesia

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas paslon Pilpres 2024. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul atas dua pasangan calon lainnya.

Survei ini digelar pada 23-24 Desember 2023 atau setelah debat cawapres kedua yang digelar pada 22 Desember 2023 lalu. Survei melibatkan 1.217 responden yang dipilih secara acak.

Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung lewat telepon oleh pewawancara yang sudah profesional. Adapun margin of error survei yakni +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut ini hasilnya:

Prabowo-Gibran 46,7%
Ganjar-Mahfud 24,5%
Anies-Cak Imin 21%
TT/TJ 7,8%

Untuk diketahaui, KPU RI menambahkan Garuda TV sebagai TV penyelenggara.

Komisioner KPU August Mellaz mengutarakan penambahan satu televisi penyelenggara, yakni Garuda TV didasarkan pada pertimbangan dari berbagai pihak, termasuk tim pasangan calon.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari menyatakan bahwa keputusan ini mencerminkan respons KPU terhadap masukan yang diterima dari berbagai pihak.

Perubahan komposisi televisi penyelenggara debat ketiga ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan cakupan siaran, memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat, dan memberikan platform yang adil bagi setiap calon presiden untuk menyampaikan pandangan dan programnya.

Dengan penambahan Garuda TV, diharapkan debat ketiga ini dapat mencapai lebih banyak pemirsa dan memberikan wawasan yang lebih mendalam kepada masyarakat terkait visi dan program calon presiden menjelang pemilihan presiden yang akan datang.

Saksikan tayangan debat Capres ketiga di Garuda TV melalui channel digital, live streaming dan youtube live pada Minggu 7 Januari 2024 mulai pukul 18.00 WIB.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *