Live Program Jelajah UHF Digital

Survei Terbaru ISC, Charta Politika dan LSI : Prabowo – Gibran Unggul Hingga 52 Persen

Jakarta – Lembaga Indonesia Survey Center (ISC) baru-baru ini merilis hasil survei terkait elektabilitas peserta Pilpres 2024. Menariknya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming berhasil mengungguli pesaingnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Menurut ISC, responden dalam survei ini adalah mereka yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah memiliki KTP dan menikah. Total sampel yang diambil sebanyak 1.670 responden dengan penyebaran di 34 provinsi. Margin of error survei ini sebesar +/-2,4% dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 11-19 Januari 2024, setelah debat ketiga Pilpres 2024.

Teknik sampling yang digunakan adalah random digit dialing atau pembangkitan nomor telepon seluler secara acak dengan pengumpulan data melalui telesurvei atau wawancara via telepon.

Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan sebesar 52%, unggul jauh dari pesaingnya. Pasangan Anies-Cak Imin berada di posisi kedua dengan persentase 21,7%, mengungguli pasangan Ganjar-Mahfud Md yang memperoleh 18,1%. Sementara itu, sebanyak 8,2% responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Peneliti senior ISC, Chairul Pane, pada Senin (22/1/2024) menyampaikan pandangannya bahwa Pilpres 2024 berpotensi berlangsung dalam satu putaran, mengingat pasangan Prabowo-Gibran mendominasi dengan persentase 52%.

Sementara itu survei Charta Politika juga menyoroti kemenangan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang menempati nomor urut 2, dibandingkan dengan pasangan lainnya.

Survei dilaksanakan pada periode 4-11 Januari 2024 dan melibatkan 1.220 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka. Populasi yang menjadi fokus survei ini adalah warga negara yang memiliki hak pilih, yaitu mereka yang berusia 17 tahun atau sudah menikah. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei ini adalah ±2,82%, dan dilakukan quality control pada 20% dari total sampel.

Berdasarkan hasil resmi Charta Politika, elektabilitas pasangan Prabowo-Subianto unggul atas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN). Prabowo memperoleh elektabilitas sebesar 42,2%, disusul oleh Ganjar-Mahfud dengan 28%, dan AMIN dengan 26,7%.

Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia alias LSI juga mengungkap kecenderungan yang sama. Malah kalau melihat versi LSI, gap antara Prabowo-Gibran dengan Ganjar-Mahfud juga sangat besar terutama untuk daerah Jawa Tengah.

Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jateng, versi LSI mencapai 50,8 persen, Ganjar-Mahfud hanya 34,4 persen dan Anies-Cak Imin 7,2 persen.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *