Live Program Jelajah UHF Digital

TikTok Shop Resmi Beroperasi Lagi, Jalin Kemitraan dengan Tokopedia

GoTo dan TikTok secara resmi mengumumkan kemitraan strategis mereka di Indonesia untuk memajukan sektor e-commerce. Pengumuman ini membenarkan spekulasi sebelumnya mengenai kembalinya TikTok Shop di Indonesia dengan berkolaborasi bersama pemain lokal.

Menurut pernyataan resmi yang diterima oleh CNBC Indonesia pada Senin (11/12/2023), “Sebagai bagian dari kemitraan strategis ini, operasional bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah PT Tokopedia, yang nantinya akan dikuasai oleh TikTok. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.”

Sebagai wujud kerja sama, TikTok berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar (lebih dari 23 Triliun rupiah) sebagai dukungan jangka panjang terhadap operasional Tokopedia. Penting untuk dicatat bahwa investasi ini tidak akan menyebabkan dilusi kepemilikan GoTo atas Tokopedia.

“Dengan kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia yang tergabung dengan TikTok Shop Indonesia akan memberikan keuntungan bagi GoTo, yang tetap akan menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia.”

“Ini termasuk untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui layanan keuangan digital dari GoTo Financial dan layanan on-demand dari Gojek. GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia seiring dengan pertumbuhan perusahaan tersebut,” begitu tertera dalam laporan resmi.

Kemitraan ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan dilakukan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program pertama yang akan diperkenalkan selama masa uji coba adalah kampanye Beli Lokal yang dimulai pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Kampanye Beli Lokal akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, mempromosikan berbagai jenis pedagang dengan fokus utama pada produk asli Indonesia. Melalui aplikasi TikTok, pengguna akan dapat berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.

Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berencana memberikan manfaat yang lebih besar bagi pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce. Mereka berkomitmen untuk mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Dengan lebih dari 90% pedagang yang merupakan pelaku UMKM, program dukungan melibatkan promosi produk, huluisasi UMKM, dukungan pemasaran dan branding, ekspansi pasar internasional untuk pelaku usaha lokal, pembukaan pusat pengembangan talenta digital, dan peningkatan persaingan yang adil.

Transaksi ini diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan upaya Grup GoTo untuk memperkuat posisi finansial dan memperluas cakupan pasar mereka. Sebagai langkah menuju keberlanjutan, akan dibentuk komite yang dipimpin oleh Patrick Walujo untuk memfasilitasi transisi dan integrasi, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Dalam proses transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *