Live Program Jelajah UHF Digital

Usai Debat Cawapres, Gibran Raih Sentimen Positif

JAKARTA – Penampilan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berhasil meraih pujian dan sentimen positif di media sosial usai tampil dalam debat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12) malam. Hal itu didapat dari riset Continuum Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Riset INDEF itu memperlihatkan reaksi dan sentimen di media sosial terhadap penampilan Gibran dan dua cawapres lainnya Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar dalam debat.

“Hasil riset yang dilakukan mengenai perbincangan di platform media sosial X selama periode debat pada pukul 19.00-21.50 WIB menunjukkan bahwa Gibran berhasil memperoleh sentimen positif sebesar 77,69 persen. Data ini diperoleh dari analisis 22.424 percakapan yang berasal dari 17.125 pemilik akun X.

Prestasi Gibran dalam perbincangan ini diikuti oleh Mahfud MD yang mendapatkan sentimen positif sebesar 64,03 persen, sementara Muhaimin Iskandar hanya mencatatkan 4,27 persen penilaian positif dari netizen.

Continuum INDEF menyimpulkan bahwa rendahnya sentimen positif terhadap Cak Imin disebabkan oleh penilaian netizen terhadap performanya yang dinilai kurang, yang kemungkinan dapat menurunkan elektabilitasnya bersama Anies.

Analisis juga menunjukkan berbagai impresi yang diberikan netizen terhadap penampilan Gibran. Mayoritas netizen menilai penampilan Gibran sangat dominan dan menguasai panggung, dengan 70,7 persen menilai penampilannya keren dan dominan, sementara 16,3 persen menganggapnya menguasai materi debat dengan baik.

Continuum juga mencatat bahwa awalnya terdapat keraguan terhadap kemampuan Gibran, namun dalam kenyataannya, penampilannya sangat baik dan menguasai materi debat.

Selain itu, Gibran juga menjadi pusat perhatian sebagai cawapres yang paling dibicarakan di platform lain seperti YouTube, terbukti dengan penyebutan namanya dalam 30 ribu komentar di platform tersebut.

Menurut data Word Cloud, Gibran juga disebut sebagai sosok ‘cawapres keren’.

“Ada pula penilaian bahwa Gibran adalah cawapres yang keren dan cerdas,” tambah Continuum.

Namun demikian, tidak bisa diabaikan bahwa Gibran juga menerima sentimen negatif. Beberapa netizen menyoroti sikapnya yang dianggap sombong.

“Namun, beberapa netizen menyoroti Gibran sebagai sosok yang terkesan sombong dan emosional saat beradu gagasan dengan calon lainnya,” catat Continuum.

Debat kedua Pilpres 2024 dihelat oleh KPU pada Jumat (22/12) di Jakarta Convention Center (JCC) pukul 19.00 WIB, melibatkan para calon wakil presiden.

Ketiga cawapres yang berpartisipasi dalam debat tersebut adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Tema debat cawapres pada 22 Desember 2023 meliputi topik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Gibran menjadi salah satu cawapres yang paling diperhatikan, terutama karena kecenderungannya menggunakan istilah-istilah asing seperti carbon capture and storage (CCS) dan State of the Global Islamic Economy dalam debat.”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *