Live Program Jelajah UHF Digital

Bikin Kaget! Lewis Hamilton Hengkang dari Mercedes ke Ferrari di F1 Musim 2025

Juara dunia F1 tujuh kali, Lewis Hamilton, akan membuat langkah sensasional pindah dari Mercedes ke Ferrari pada tahun depan dengan kontrak multi-tahun, sebuah keputusan yang ia sebut sebagai “salah satu keputusan terberat yang pernah saya buat”.

Hamilton telah berkompetisi untuk Silver Arrows sejak musim 2013 dan memenangkan enam dari tujuh gelarnya bersama tim ini, menambah pada gelar yang ia raih bersama McLaren di awal kariernya.

Meskipun ia telah memperpanjang kontraknya dengan Mercedes musim panas lalu hingga 2025, kontrak ini kini akan diputus lebih awal untuk memberi jalan pada kepindahannya yang mengejutkan. Keputusan Hamilton ini datang setelah dua musim sulit bagi tim Brackley, yang kesulitan beradaptasi dengan era ground effect terbaru F1 dan kalah di belakang Red Bull.

Hal ini berarti Hamilton akan bersama Charles Leclerc, yang baru-baru ini memperpanjang kontraknya dengan Scuderia “beyond 2024”, sementara Carlos Sainz harus memberi jalan pada akhir tahun ini.

Pada Kamis malam, Mercedes mengonfirmasi bahwa mereka dan Hamilton akan berpisah pada akhir 2024 dengan Hamilton mengaktifkan opsi pelepasan dalam kontraknya. Ferrari segera mengumumkan bahwa juara dunia tujuh kali ini akan bergabung mulai 2025 dengan kontrak multi-tahun.

“Saya telah menghabiskan 11 tahun yang luar biasa dengan tim ini [Mercedes] dan saya sangat bangga dengan apa yang telah kita capai bersama,” ujar Hamilton. “Mercedes telah menjadi bagian dari hidup saya sejak saya berusia 13 tahun. Ini adalah tempat di mana saya tumbuh dewasa, jadi membuat keputusan untuk pergi adalah salah satu keputusan terberat yang pernah saya buat.”

Bikin Kaget! Lewis Hamilton Hengkang dari Mercedes ke Ferrari di F1 Musim 2025
Hamilton dikontrak multi tahun oleh Ferrari (sumber : Formula 1)

 

“Tapi saatnya tepat bagi saya untuk mengambil langkah ini dan saya sangat bersemangat menghadapi tantangan baru. Saya akan selalu berterima kasih atas dukungan luar biasa keluarga Mercedes saya, terutama kepada Toto atas persahabatannya dan kepemimpinannya, dan saya ingin menyelesaikannya dengan apik bersama. Saya berkomitmen 100% untuk memberikan performa terbaik yang saya bisa musim ini dan membuat tahun terakhir saya bersama Silver Arrows, menjadi tahun yang tak terlupakan.”

Toto Wolff, Prinsipal Tim dan CEO Mercedes, berkomentar: “Dalam hal pasangan pembalap tim, hubungan kami dengan Lewis telah menjadi yang paling sukses yang pernah ada dalam olahraga ini, dan itu adalah sesuatu yang dapat kita lihat kembali dengan bangga; Lewis akan selalu menjadi bagian penting dari sejarah motorsport Mercedes.

“Namun, kami tahu bahwa kemitraan kami akan berakhir dengan sendirinya pada suatu saat, dan hari itu kini telah tiba. Kami menerima keputusan Lewis untuk mencari tantangan baru, dan peluang masa depan kami sangat menggembirakan untuk dipertimbangkan. Tetapi saat ini, kami masih memiliki satu musim yang harus dilalui, dan kami fokus untuk menyelesaikan dengan baik pada tahun 2024.”

Di tengah spekulasi intens tentang masa depan F1 Hamilton tahun lalu, Leclerc ditanya tentang kemungkinan menjadi rekan setim dengan Briton tersebut dan mengaku akan terbuka untuk itu.

“Jika saya mengatakan ya [saya ingin menjadi rekan setimnya], saya bayangkan itu akan menjadi judul setiap surat kabar!” Leclerc tersenyum. “Saya berarti Lewis adalah pembalap yang luar biasa dan telah mencapai begitu banyak dalam olahraga ini.

“Saya pikir semua orang di grid akan senang memiliki Lewis sebagai rekan setim, karena semua orang akan banyak belajar darinya. Tapi saya senang di tempat saya sekarang dan dengan Carlos itu juga hubungan yang hebat.”

Setelah pengumuman bahwa Hamilton akan menukar Silver Arrows dengan Ferrari, pembalap yang akan digantikannya, Carlos Sainz, merilis pernyataan sendiri melalui media sosial.

“Mengikuti berita hari ini, Scuderia Ferrari dan saya akan berpisah pada akhir 2024,” katanya. “Kami masih memiliki musim yang panjang di depan kami dan, seperti selalu, saya akan memberikan yang terbaik untuk tim dan untuk Tifosi di seluruh dunia.

“Berita tentang masa depan saya akan diumumkan pada waktunya.”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *