Live Program Jelajah UHF Digital

Hadapi Peperangan Masa Depan, KSAL Laksamana Ali: Drone Bakal Jadi Alatsista Utama di Matra Laut

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan unmanned aerial vehicle (UAV) atau dikenal dengan drone akan menjadi alutsista prioritas di matra laut.

Menurut Ali, drone akan menjadi salah satu alutsista andalan dalam menghadapi perang di masa depan. “Dan kita harus memiliki drone atau UAV yang kita siapkan untuk menghadapi peperangan di masa depan,” katanya kepada wartawan di Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Selasa (5/12/2023).

Saat ini, TNI Ali tengah mempersiapkan anggaran untuk pembelian alutsista drone ini. Anggaran dapat bersumber dari pinjaman luar negeri dan pinjaman dalam negeri.

“Anggaran sedang disiapkan dan itu masuk di PLN (pinjaman luar negeri) dan PDN (pinjaman dalam negeri), dan juga anggaran rutin juga kita siapkan, Dan ini sedang kita laksanakan bertahap dan juga kita melengkapi armada kita dengan drone juga,” jelasnya.

Ali mengungkapkan pengadaan drone ini akan bermanfaat dalam menghadapi ancaman yang dapat menganggu kedaulatan negara.

“Pertama, untuk apa yang tadi didemokan adalah ancaman drone, karena ini melihat dari situasi perkembangan lingkungan strategis saat ini, Di mana peperangan-peperangan yang kita lihat bersama di Ukraina maupun di Timur Tengah, drone itu sangat efektif digunakan untuk peperangan,” tambahnya.

Dengan segala potensi dan ancaman yang ada, Ali pun akan terus meningkatkan dan memperbarui alutsista yang dimiliki TNI AL.

“Untuk itu, kita harus memperbarui dan memodernisasi beberapa peralatan senjata yang ada di kapal,” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *