Live Program Jelajah UHF Digital

Pangkogabwilhan III Ungkap Kondisi Pilot Susi Air yang Disandera KKB Papua

PAPUA – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan) Letnan Jenderal TNI Richard TH Tampubolon menuturkan upaya pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) pimpinan Egianus Kogoya mengkedepankan keselamatan sandera.

“Kami meyakini hingga saat ini sandera pilot masih dalam kondisi sehat meskipun ada kesulitan dalam pasokan logistik dan akses terhadap kesehatan,” katanya kepada wartawan.

Jenderal Kopassus bintang tiga itu mengungkapkan Kapten Philip saat ini dijaga ketat oleh anak buah Egianus Kogoya di belantara Papua. Namun, beberapa waktu mereka juga tinggal bersama masyarakat sekitar.

“Selanjutnya karena kondisi pilot yang dijaga ketat oleh Kelompok Bersenjata dan terkadang tinggal bersama dengan masyarakat sipil, sehingga TNI sangat berhati-hati dalam mengambil solusi terbaik terkait masalah ini,”ungkapnya.

Richard melanjutkan dalam upaya pembebasan pilot asal Selendia Baru itu sudah dilakukan berbagai cara, termasuk mencoba melalui para tokoh-tokoh agama maupun masyarakat.

“TNI sudah melaksanakan berbagai pendekatan melalui tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat termasuk juga Pemerintah Daerah dan berharap pembebasan sandera bisa dilakukan melalui soft approach,” pungkasnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *