Live Program Jelajah UHF Digital

Sirkuit Silverstone Inggris Akan Gelar Formua 1 Hingga 2034

Inggris – Grand Prix Inggris akan terus berlangsung di Silverstone setidaknya hingga tahun 2034 setelah lintasan bersejarah tersebut menandatangani kesepakatan baru 10 tahun dengan Formula 1.

Langkah ini menandai periode stabilitas yang ditingkatkan bagi posisi Inggris dalam kalender F1 setelah bertahun-tahun ketidakpastian.

Presiden dan chief executive F1 Stefano Domenicali mengatakan Silverstone “adalah venue ikonis” yang “berada di jantung sejarah F1”. Silverstone menjadi tuan rumah balapan kejuaraan dunia F1 pertama pada tahun 1950.

“Ia terus menarik penggemar dari seluruh dunia untuk balapan yang fantastis di lintasan dan pengalaman penggemar yang luar biasa di luar sirkuit,” kata Domenicali.

Kesepakatan tersebut pertama kali diumumkan dalam video media sosial dengan pembalap F1 Inggris George Russell dan Lando Norris. Silverstone dimiliki oleh British Racing Drivers’ Club (BRDC) dan disebut sebagai rumah dari motorsport Inggris.

Dari tahun 1955-1986, Silverstone berbagi putaran kejuaraan dengan Aintree dan kemudian Brands Hatch. Lintasan ini telah menjadi tuan rumah balapan setiap tahun sejak tahun 1987, dan bahkan menggelar dua balapan dalam satu tahun pada masa pandemi Covid-19 pada tahun 2020.

Silverstone adalah salah satu dari sedikit lintasan yang diversifikasi penawarannya kepada penggemar dengan menggelar konser musik dan hiburan lainnya selama akhir pekan.

Pendekatan ini merupakan inti dari rencana pemilik F1, Liberty Media, untuk mengembangkan olahraga dengan memperluas daya tariknya. Balapan tahun lalu, yang dimenangkan oleh Max Verstappen, menarik rekor 480.000 penggemar selama akhir pekan – hadirin terbanyak dari semua lintasan selama musim 2023.

Kepemilikan Liberty untuk memperluas kalender, dan untuk memperkenalkan balapan baru yang dekat dengan pusat populasi besar, telah menekan banyak balapan tradisional dan bersejarah, tak peduli status mereka dalam olahraga.

Kontrak terakhir Silverstone, yang ditandatangani pada tahun 2019, adalah selama lima tahun, dan datang di menit terakhir setelah lintasan mengatakan bahwa mereka tidak lagi mampu membayar biaya untuk balapan. Kontrak baru lintasan tersebut menghapuskan kekhawatiran itu untuk saat ini.

Chief executive Silverstone Stuart Pringle mengatakan: “Komitmen jangka panjang ini mencerminkan pentingnya Grand Prix Inggris bagi Formula 1 dan pengakuan mereka terhadap kemampuan kita untuk memberikan pengalaman kelas dunia bagi para penggemar Inggris, yang merupakan salah satu yang paling antusias dan berpengetahuan di dunia.

“Sorak sorai dukungan untuk tim tuan rumah, dan terutama untuk pembalap Inggris di grid, membuat atmosfer Silverstone unik dan saya berharap bisa memanfaatkan semangat ini untuk olahraga kita dan membawa acara ini ke level berikutnya dalam dekade mendatang.”

Silverstone telah melakukan modernisasi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pembukaan museum dan hotel di lokasi tersebut. BRDC telah berjanji untuk terus meningkatkan fasilitas di lintasan selama masa kontrak baru ini.

Peter Digby, ketua BRDC, mengatakan: “Keamanan kontrak ini akan memberikan dasar yang kokoh untuk pengembangan lebih lanjut dari venue saat kami terus meningkatkan dan mengubah sirkuit menjadi tujuan motorsport dan hiburan internasional sepanjang tahun.”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *