Live Program Jelajah UHF Digital

13 Peziarah yang Tersesat di Gunung Gede Pangrango Ditemukan Selamat

Bogor – Sebanyak 13 orang yang awalnya dinyatakan hilang kontak di kawasan Gunung Gede Pangrango telah berhasil ditemukan dan dievakuasi melalui Jalur Kulah Dua, Cibedug, Bogor. Kabar tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sapto Aji Prabowo.

“Ke-13 orang yang sebelumnya dilaporkan hilang kini telah ditemukan dan sedang turun melalui Jalur Cibedug, Bogor,” ungkap Sapto kepada Tribunjabar pada Senin (29/1/2024). Meskipun ke-13 orang tersebut ditemukan dalam kondisi selamat, namun dua di antaranya mengalami cedera terkilir dan yang lainnya mengalami kelelahan.

“Saat ini, para survivor sedang dievakuasi ke Kantor Resor Tapos untuk penanganan medis dan untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” tambahnya.

Sapto juga menegaskan bahwa ke-13 orang tersebut diduga bukan pendaki, melainkan peziarah, mengingat beberapa di antaranya memiliki usia yang lebih lanjut. “Iya, kami menduga mereka adalah peziarah bukan pendaki. Namun, hasil pemeriksaan lebih lanjut akan ditentukan oleh petugas,” jelasnya.

Proses pencarian dimulai setelah pihak berwenang menerima informasi mengenai kelompok masyarakat yang melakukan aktivitas di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan tersesat. Informasi tersebut diterima pada Senin (29/1/2024) pukul 05.30 WIB dari volunteer Panthera, yang merupakan mitra Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

“Informasi awal dari lapangan menyebutkan bahwa kelompok tersebut merupakan masyarakat yang diduga melakukan ziarah sejak tanggal 27 Januari 2024,” kata Sapto, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Mendapatkan informasi tersebut, pihak berwenang segera mengambil tindakan cepat dengan berkoordinasi bersama sejumlah pihak terkait.

Tim pencarian yang terdiri dari volunteer, kepolisian, BPBD, dan Basarnas wilayah Bogor dan Jakarta diterjunkan oleh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. “Hasil pencarian tim pada hari Senin (29/1/2024), sekitar pukul 10.00 WIB, menunjukkan bahwa kelompok masyarakat survivor sebanyak 13 orang telah ditemukan di Pasir Pogor, dekat dengan Resort PTN Tapos TNGGP,” jelas Sapto.

Setelah ditemukan, 13 orang tersebut langsung dievakuasi dan dibawa ke kantor Resort PTN Tapos untuk penanganan lebih lanjut. Sapto juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya pencarian dan evakuasi, menyoroti kerja sama yang kuat dalam penanganan keadaan darurat tersebut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *