Live Program Jelajah UHF Digital

Gempa Bumi Dahsyat 7,4 M Guncang Taiwan, Terkuat dalam 25 Tahun

Taiwan – Gempa bumi dahsyat melanda pantai timur Taiwan pada hari Rabu, menewaskan setidaknya empat orang. Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo itu menyebabkan runtuhnya beberapa bangunan di Hualien, kota yang terdekat dengan pusat gempa, di mana upaya penyelamatan tengah dilakukan.

Getaran terkuat yang mengguncang pulau ini dalam 25 tahun juga dirasakan hingga ke pedalaman berbukit-bukit Taiwan, yang diguncang oleh longsor besar. Di ibu kota Taipei, rekaman menunjukkan bangunan bergoyang hebat.

“Gempa bumi ini dekat dengan daratan dan dangkal. Dirasakan di seluruh Taiwan dan pulau-pulau sekitarnya… Ini adalah gempa terkuat dalam 25 tahun,” kata Wu Chien Fu, direktur Pusat Seismologi Taipei.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional mengatakan tiga orang meninggal di jalur sekitar Taman Nasional Taroko, yang dinamai dari ngarai terkenal di luar Hualien.

Lebih dari 50 orang telah terluka, dengan beberapa terjebak di dalam bangunan dan terowongan di sekitar kota, tambahnya. Raksasa pembuat chip Taiwan TSMC mengatakan telah mengungsikan beberapa pabriknya di Hsinchu dan selatan Taiwan demi keselamatan stafnya, tetapi menambahkan bahwa sistem keamanannya beroperasi normal. TSMC adalah produsen utama semikonduktor untuk perusahaan teknologi termasuk Apple dan Nvidia.

Gempa Bumi Dahsyat 7,4 M Guncang Taiwan, Terkuat dalam 25 Tahun
Gempa Bumi 7,4 M runtuhkan bangunan (sumber : reuters)

 

Pemasok Apple, Foxconn, tidak segera menanggapi permintaan komentar BBC. Di Taipei, rekaman di media lokal menunjukkan bangunan perumahan yang runtuh dan evakuasi warga dari rumah dan sekolah mereka.

Dampak gempa bumi juga merusak kendaraan dan membuat barang-barang di dalam toko menjadi berantakan, menurut klip yang ditayangkan oleh stasiun TV lokal TVBS. Pemadaman listrik dan gangguan internet dilaporkan di seluruh pulau, menurut kelompok pemantau internet NetBlocks.

Gempa bumi Rabu terjadi pada pukul 07:58 waktu lokal (23:58 GMT) pada kedalaman 15,5km dan telah memicu setidaknya sembilan gempa susulan dengan magnitudo 4 atau lebih besar. Pusat gempa bumi berada sekitar 18km (11 mil) di selatan Hualien, menurut Survei Geologi AS. Hualien terletak di pantai timur Taiwan, di sebuah daerah yang luas dan berbukit-bukit.

Kota-kota di daerah tersebut memiliki populasi yang jarang. Dengan jalan raya dan jalur kereta utama yang menghubungkan Hualien dengan bagian lain dari Taiwan sekarang rusak, tim penyelamat kemungkinan besar harus memasuki daerah itu melalui udara.

Pada September 1999, gempa bumi berkekuatan 7,6 magnitudo melanda Taiwan, menewaskan 2.400 orang dan menghancurkan 5.000 bangunan. Di Jepang tetangga, otoritas sebelumnya telah memperingatkan bahwa gelombang tsunami hingga 3m diharapkan mencapai area besar di pantai barat daya negara itu.

Badan Meteorologi Jepang kemudian menurunkan peringatan itu, tetapi meminta penduduk untuk tetap “waspada terhadap gempa susulan dengan intensitas serupa” selama sekitar seminggu. Badan seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan tsunami segera setelah gempa bumi terjadi, mendorong penduduk untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi – yang kemudian dibatalkan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan dalam pembaruan sekitar dua jam setelah gempa terjadi bahwa ancaman tsunami “kini telah berlalu”. Media negara Tiongkok mengatakan getaran dirasakan di sebagian wilayah provinsi Fujian di tenggara Tiongkok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *