Live Program UHF Digital

Israel – Palestina Semakin Memanas, Kemlu RI Terus Berupaya Evakuasi Enam WNI di Gaza

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia mengungkap ada enam warga negera Indonesia yang masih terdekteksi di Gaza, Palestina. Saat ini pemerintah terus berupaya untuk mengevakuasi.

“Jadi yang masih ada disana kalau dihitung dari WNI nya ada enam, empat sudah keluar, enam masih di sana,” Kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Lanud Halim Perdanakusuma usai melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Retno menjelaskan rincian WNI yang masih berada di lokasi konflik Israel- Palestina adalah Tiga WNI itu berada di Palestina sebagai relawan Medical Emergency Rescue Commitittee (Merc-C).

“Untuk tiga WNI yang menjadi relawan tenaga medis memilih menetap di sana untuk menolong di Rumah Sakit Indonesia,” tegasnya.

Sementara, tiga lainnya ialah satu keluarga yang terdiri dari satu ayah dan dua anak bersama istri warga Palestina. Satu keluarga ini berada di bagian Gaza Selatan.

“Jadi tiga WNI plus satu istri yang akan kita coba terus untuk dievakuasi karena untuk evakuasi itu sendiri nama-nama itu harus mendapat approval, ada syarat administrasi yang sekali lagi teman-teman ini dalam kondisi yang tidak normal sehingga prosesnya juga memakan waktu yang cukup lama,”ujarnya.

Saat ini pihaknya masih terus melakukan proses rangkaian evakuasi terhadap satu keluarga. Namun demikian menurutnya ada proses yang memakan waktu lantaran kondisi yang tidak normal.

“Tetapi kita terus berhubungan dengan para WNI kita yang masih ada di Gaza. Doakan mereka selamat,”tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *