Live Program Jelajah UHF Digital

Jadikan Indonesia Negara Swasembada Pangan Dunia, Kementan Akan Buka 10 juta Hektar Setiap Tahunnya

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) merencakan akan membuka lahan seluas 10 juta hektar setiap tahunnya. Hal ini untuk menjadikan Indonesia menjadi negara swasembada pangan dunia.

“Ke depan ini kita ada upaya khusus, kita akan menggarap rawah mineral bukan gambut, itu ada 10 juta hektar. kita rencnakan garap 1 juta hektar per tahun,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman usai melakukan MoU dengan TNI terkait dorongan Pelaksanaan Pembangunan Pertanian di Menteng, Jakarta Pusat. Senin (4/12/2023).

Amran melanjutkan Indonesia memiliki pengalaman menjadi negara Swasembada pangan, seperti beras, jagung hingga bawang merah.

“Kita punya pengalaman sudah terbukti kolaborasi ini membuahkan hasil kita swasembada beras, swasembada jagung bahkan ekspor, bawang merah ekspor,” jelasnya.

“Kalau ini digarap secara konsisten, tiga tahun berturu turut itu insha allah swasembada jadi kenyataan. dgn catatan program ini harus berlanjut,”ungkapnya.

Dikatakan Amran, kerjasama dengan pihak terkait untuk menciptakan swasembada pangan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo.

“Ini salah satu dasar kita kolaborasi dengan TNI. kemudian, dulu kita sinergi Alhamdulillah kita pernah swasembda tiga kali atas arahan bapak Presiden Joko Widodo. kita seasembada di tahun 2017, 2019, 2020,” terangnya.

Amran mengucapkan terimakasih kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang siap berpartisipasi dalam program Pelaksanaan Pembangunan Pertanian.

“Sekali lagi terima kasih pak Panglima TNI. kenapa kami butuh bantuan babinsa, karena PPL kami hanya 40 ribu lebih dan morotorium. tidak bisa ditambah padahal kami butuh kurang lebih 74 ribu sampai 80 ribu. artinya, yang tersedia hanya separuh PPL dari kebutuhan. nah ini salah satu yg mendasari kita sangat butuh kolaborasi,” tutupnya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *