Live Program Jelajah UHF Digital

Jadikan TNI AL yang Disegani Dikawasan, KSAL: Kita Butuh Kapal Selam yang Senyap dan Tahan Lama

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan TNI AL memerlukan kapal selam yang memiliki kemampuan senyap dan tahan lama. Hal itu untuk memujudkan TNI AL yang disegani di kawasan.

“Kapal selam kita butuh yang kemampuannya tentunya yang senyap, kemudian yang tahan lama, Artinya, endurance-nya ketahanan lama menyelamnya lebih lama. Nah itu yang kita inginkan,” katanya di Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Selasa (5/12/2023).

Ditambahkan Ali, ada sejumlah pilihan kapal yang sesuai dengan kriteria itu. Menurutnya, TNI AL telah mengajukan kepada Kemhan untuk pengadaan kapal selam tersebut.

“Ada beberapa pilihan kapal selam dan itu semua masuk dalam kriteria spec-spec yang kita ajukan ke Kemhan. Kapal selam ini masih menjadi beberapa pilihan yang akan dibeli oleh Kemhan tentunya, tapi kita memberikan beberapa masukan terkait kapal selam ini,”tambahnya.

Ali mengatakan kapal selam itu berasal dari Eropa. Namun, kata Ali, belum ada keputusan resmi terkait kapal selam apa yang akan dibeli.

“Rata-rata sih dari Eropa yang cukup bagus ini masih menjadi perbincangan dan pembahasan di Kemhan,”bebernya.

Dia berharap kontrak pembelian kapal selam bisa diteken pada 2024. Dia juga berharap kapal selam itu bisa segera digunakan.

“Mudah-mudahan bisa dalam waktu dekat minimal 2024 sudah bisa kontrak. Itu harapan kita untuk kapal selam,”tutupnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *