Live Program Jelajah UHF Digital

Peringati HUT Armada RI, Armada RI Bangun Kekuatan Laut Nusantara

JAKARTA – Satuan Armada Indonesia peringati HUT Armada ke -78 yang jatuh pada 5 Desember di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara . Koarmada RI merupakan bagian TNI AL yang menjadi salah satu kekuatan tempur di Matra Laut.

Dalam Peringatan HUT Armada RI dilaksanakan dengan upacara parade militer di Koarmada RI dan jajaran di bawahnya dengan mengusung tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”.

Pada tahun ini sebagai acara puncak Upacara Peringatan Hari Armada Republik Indonesia, dilaksanakan pada tanggal 5 Desemner 2023 di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dalam Upacara peringatan Hari Armada Tahun 2023 dilaksanakan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kesetiaan, Penganugerahan Kenaikan Pangkat Luar Biasa dan Penganugerahan Bendera Artileri kepada Prajurit dan KRI Berprestasi. Selain itu, menampilkan defile dan demonstrasi kecakapan prajurit TNI AL berupa atraksi pesawat. Selain itu, juga dilaksanakan hiburan pentas kesenian tradisional Indonesia Reog Ponorogo dan tarian tradisional yang mewakili Armada RI, Armada I, II dan III.

Selain itu dilaksanakan penganugerahan pemenang glagaspur KRI dan Pangkalan TNI AL serta pemberian penghargaan kepada pemenang kompetisi Artileri mode sistem dan manual oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut sebagai bagaian dari rangkaian kegiatan menyambut peringatan Hari Armada RI tahun 2023 disamping kegiatan lainnya seperti Pencanangan 3 Program TNI AL, Bakti Sosial dan Donor Darah dan kegiatan lainnya

Saat ini Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) dijabat oleh Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto. Koarmada RI yang berkedudukan di Jakarta membawahi tiga Armada bernomor yaitu Koarmada I yang berkedudukan di Tanjung Piang dijabat oleh Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono sebagai Pangkoarmada I, Koarmada II yang berkedudukan di Surabaya dijabat Laksda TNI Yayan Sofiyan sebagai Pangkoamada II sedangkan Koarmada III yang berkedudukan di Soronh dijabat oleh Laksamana Muda TNI Hersan sebagai Pangkoarmada III.

Pembentukan Armada RI, berdasarkan SK KSAL No. A. 4/2/10 tanggal 14 September 1959 ditetapkan berdirinya organisasi Komando Armada ALRI, yang diresmikan pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oleh KSAL Komodor Laut R.E. Martadinata. Selanjutnya setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai “Hari Armada RI”.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *