Live Program Jelajah UHF Digital

Jakarta Berpotensi Hujan Petir dan Angin Kencang Pada Minggu Malam

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Sabtu, 4 November 2023, meninggalkan sejumlah wilayah tergenang air. Meskipun air mulai surut, masih ada 22 RT yang terdampak banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengungkapkan bahwa pada Minggu (5/11/2023) pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, data menunjukkan bahwa beberapa wilayah masih mengalami genangan air. Ketinggian air di berbagai titik bervariasi, berkisar antara 30 hingga 250 cm.

“BPBD mencatat bahwa daerah yang sebelumnya terendam air mencakup 10 RT dan 2 ruas jalan. Saat ini, jumlah tersebut telah bertambah menjadi 22 RT atau sekitar 0,071% dari total 30.772 RT di wilayah DKI Jakarta,” ungkap Isnawa melalui pernyataan tertulis pada Minggu (5/11/2023).

Isnawa menjelaskan bahwa beberapa wilayah yang masih terdampak meliputi satu RT di Jakarta Selatan, terutama di Rawajati, dengan ketinggian air mencapai 30 cm. Selain itu, terdapat 21 RT di wilayah Jakarta Timur yang terkena dampak, termasuk dua RT di Cililitan dengan ketinggian air sekitar 200 cm, serta 14 RT di Cawang dengan ketinggian air berkisar antara 30 hingga 250 cm.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan cuaca di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada akhir pekan, khususnya pada Minggu (5/11/2023). Prakiraan cuaca ini mencakup potensi hujan lebat secara singkat pada malam hari.

Wilayah yang diperkirakan akan terkena hujan tersebut meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Timur, serta sebagian wilayah Kota Depok dan Kabupaten/Kota Bogor. Berdasarkan data yang diunggah oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, BMKG memproyeksikan bahwa hujan lebat berpotensi terjadi mulai pukul 19.00 hingga 01.00 WIB dini hari.

“Peringatan Dini: Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat yang dapat terjadi pada malam hari di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur,” pernyataan BMKG.

“Hal ini juga berlaku untuk sebagian wilayah Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor,” tambah BMKG.

Di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, hujan ringan diperkirakan mulai mempengaruhi cuaca sejak siang hari. Sementara itu, di empat wilayah lain di DKI Jakarta, hujan ringan diharapkan datang pada malam hari dengan durasi singkat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *