Live Program UHF Digital

Kalender Formula 1 Musim 2024 Resmi Dirilis, Terdiri dari 24 Seri

Formula 1 telah merilis kalender balap untuk FIA Formula One World Championship musim 2024 yang telah disetujui oleh World Motor Sport Council. Kalender musim 2024 berisi 24 seri yang dimulai di Bahrain pada 2 Maret 2024 dan berakhir di Abu Dhabi pada 8 Desember 2024.

Formula 1 telah memperjelas misinya untuk mendukung musim berkelanjutan dengan membuat jadwal yang memperhitungkan kondisi iklim, beban logistik dan lain-lain. Dengan memindahkan Jepang ke April, Azerbaijan ke September dan Qatar sebelum Abu Dhabi, kalender ini menciptakan aliran balap yang baik di wilayah tertentu.

Untuk dua balapan pembuka musim ini di Bahrain dan Arab Saudi, Grand Prix akan berlangsung pada hari Sabtu. Keputusan ini diambil untuk mengakomodasi Ramadan yang jatuh pada tanggal 10 Maret 2024. Ditambah dengan seri  Las Vegas yang juga berlangsung di hari Sabtu, total ada 3 balapan Sabtu di tahun 2024.

China akan masuk kalender F1 pertama kali sejak 2019, di mana China menarik diri dari perhelatan balap F1  karena kesulitan yang terus berlanjut akibat Covid-19.

Diambil dari Formula1.com, Stefano Domenicali, Presiden dan CEO Formula 1, berkata: “Saya dengan senang hati mengumumkan kalender 2024 dengan 24 balapan yang akan menghadirkan musim yang menyenangkan bagi para penggemar kami di seluruh dunia. Ada minat yang besar dan permintaan yang terus berlanjut untuk Formula 1, dan saya yakin kalender ini memberikan keseimbangan yang tepat antara balapan tradisional dan tempat baru dan yang sudah ada.”

“Saya ingin berterima kasih kepada semua promotor dan mitra atas dukungan dan upaya mereka untuk mencapai jadwal yang luar biasa ini. Perjalanan kami menuju kalender yang lebih berkelanjutan akan berlanjut di tahun-tahun mendatang saat kami semakin merampingkan operasi sebagai bagian dari komitmen Net Zero 2030 kami. Kami memiliki banyak balapan untuk dinantikan di tahun 2023, termasuk Grand Prix Las Vegas perdana, dan penggemar kami dapat menantikan lebih banyak kegembiraan musim depan.”

Sementara Ben Sulayem, Presiden FIA berkata,” Kami ingin menjadikan tontonan global Formula 1 lebih efisien dalam hal kelestarian lingkungan dan lebih mudah dikelola bagi staf perjalanan yang mendedikasikan begitu banyak waktunya untuk olahraga kami. Stefano Domenicali dan timnya telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk menghadirkan tempat baru dan menarik di pasar negara berkembang untuk Formula 1, dan tetap setia pada warisan olahraga yang panjang dan luar biasa.”

“Setiap balapan hanya dapat terjadi berkat kolaborasi antara FIA, FOM, promotor, dan ASN tuan rumah yang menyatukan ribuan sukarelawan marshal dan personel pendukung sehingga kami dapat balapan, dan saat kami melangkah maju ke masa depan, kami harus memastikan bahwa prioritas kami tumbuh dan berkembang dengan kebutuhan masyarakat dan apa yang terbaik untuk olahraga kami, penggemar kami, dan lingkungan kami.”

F1 2024 akan mengadakan 24 balapan, dengan liburan musim panas tradisional tiga minggu tersisa di bulan Agustus, ditambah jeda tiga minggu tambahan antara Singapura dan Austin dan istirahat dua minggu antara Brasil dan Las Vegas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *