Live Program Jelajah UHF Digital

Max Verstappen Kalahkan Lando Noris di Formula 1 GP Inggris

Max Verstappen melanjutkan dominasi kemenangannya di Formula 1 musim 2023. Verstappen memenangi Formula 1 seri Inggris yang berlangsung di Silverstone pada 9 Juli 2023. Meski sempat kalah start dari Lando Norris, namun hanya butuh 5 lap untuk Verstappen kembali memimpin balapan.

Kembali memimpin pada Lap 5, Verstappen tidak terkejar lagi, tetapi harus menahan tekanan dari belakang saat Safety Car keluar insiden di track, sebelum akhirnya meraih kemenangan keduanya di Silverstone dan kemenangan Grand Prix Inggris pertamanya, yang pertama kali diraih pada Grand Prix Anniversary 70 tahun 2020.

Kemenangan di Inggri juga menjadi kemenangan ke-11 secara beruntun bagi Red Bull yang dimulai sejak Abu Dhabi 2022 dan kemenangan keenam berturut-turut bagi Verstappen, pembalap Belanda tersebut menjadi pembalap F1 kelima dalam sejarah yang mencapai pencapaian tersebut, bersama dengan juara lainnya Alberto Ascari, Michael Schumacher, Sebastian Vettel, dan Nico Rosberg.

“Tentu saja, sangat senang kami menang lagi,” kata Verstappen. “Saya berarti, 11 kemenangan beruntun bagi tim, itu sangat luar biasa, tetapi tidak mudah hari ini.” Demikian dilansir dari Crash.net.

“Kami akan melihat ke dalam itu, karena saya pikir start beberapa kali terakhir sebenarnya jauh lebih baik, dan hari ini tidak begitu bagus. Tapi setidaknya membuatnya sedikit lebih menarik, saya harus berjuang untuk itu. Lando tidak terlalu memberikan perlawanan [di Lap 5], dia sangat baik pada saya, tapi kemudian dia benar-benar kembali dengan DRS, jadi dia memiliki banyak kecepatan hari ini, dia melakukan dengan sangat baik hari ini.”

“Setelah saya melewati Lando, butuh beberapa lap bagi saya untuk mendinginkan ban, dan setelah itu saya pikir kami memiliki kecepatan yang bagus,” tambah Verstappen. “Saya pikir 10 atau 15 lap terakhir di stint itu, kami unggul sembilan detik lagi, yang menurut saya sangat bagus.”

Safety Car keluar saat pertengahan balapan setelah Kevin Magnussen terpaksa berhenti dengan Haas-nya di trek, memberikan Norris dan para pembalap lain untuk mengejar Verstappen.

Namun meskipun Verstappen mengaku kesulitan dengan ban lunak di tahap akhir, ban dengan dinding merah setidaknya memberinya daya cengkeram tambahan yang dibutuhkan untuk meninggalkan Norris, dengan Verstappen akhirnya finis 3,798 detik di depan pembalap McLaren, sementara Lewis Hamilton menyelesaikan podium untuk Mercedes.

“Tentu saja karena Safety Car lagi, semua orang kembali bersama dan kami menggunakan ban lunak hingga akhir yang tampaknya sedikit lebih panas dari yang saya kira, jadi sedikit lebih sulit untuk menjaga kecepatan,” kata Verstappen.

“Tapi untungnya dua atau tiga lap pertama dari stint itu, saya sudah memiliki jarak yang cukup besar, jadi saya bisa mengelolanya sampai akhir.”

Dalam klasemen pembalap, Verstappen sekarang unggul 99 poin dari rekan setimnya Sergio Perez, yang pulih dari kegagalan kelima berturut-turutnya untuk masuk Q3 dan naik dari P15 ke P6 di akhir lomba, sementara total poin Verstappen saat ini sebesar 255 poin sudah cukup untuk memberikan Red Bull P1 dalam klasemen konstruktor atas Mercedes, yang saat ini memimpin dengan selisih 411 poin menjadi 203 poin.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *