Live Program Jelajah UHF Digital

Mudik Nyaman dan Aman : Jasa Marga Siapkan Rest Area Prima untuk Arus Balik Idul Fitri

Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business (JMRB), mengambil langkah tegas untuk meningkatkan kualitas layanan di seluruh Rest Area yang dikelola di ruas Jasa Marga Group.

Sebanyak 59 Rest Area dan 2 Rest Area Fungsional yang dikelola PT JMRB disiapkan dengan baik untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/Tahun 2024, guna memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan memuaskan.

Direktur Utama PT JMRB, Denny Abdurachman, menegaskan komitmen perusahaan dalam menyediakan skema rekayasa lalu lintas dan pengaturan flow kendaraan di rest area. Upaya ini termasuk memaksimalkan kapasitas kantong parkir kendaraan sejalan dengan peningkatan arus lalu lintas di jalan tol selama periode arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H/Tahun 2024.

“Dalam mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas di Rest Area Travoy, yang dapat menyebabkan antrean menuju jalur utama jalan tol, kami akan menerapkan rekayasa buka-tutup rest area sesuai dengan arahan kepolisian. Tujuannya adalah untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, dengan berkoordinasi bersama pengelola jalan tol dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO),” jelas Denny.

Selain itu, PT JMRB juga akan mengoptimalkan teknologi pemantauan kepadatan kendaraan melalui Rest Area Management System (RAMS) yang terintegrasi dengan aplikasi Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) dan Dynamic Message Sign (DMS) di jalan tol. Hal ini memungkinkan pengguna jalan untuk memantau kondisi lalu lintas secara real-time dan mengambil keputusan yang tepat selama perjalanan.

Denny menambahkan bahwa pengguna jalan tidak perlu khawatir tentang tarif jalan tol saat keluar dan masuk kembali ke jalan tol. “Kami juga memohon kerja sama pengguna jalan untuk tidak memaksakan parkir di bahu jalan di sekitar rest area yang padat, agar kapasitas lajur jalan tol tetap optimal,” tambahnya.

Selain upaya peningkatan layanan di rest area, Jasa Marga juga bekerja sama dengan Pertamina untuk memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU rest area. Jasa Marga juga meningkatkan jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area Jasa Marga Group.

“Kami juga menyediakan posko kesehatan di beberapa rest area untuk membantu pengunjung melakukan pengecekan kesehatan selama perjalanan. Semua langkah ini diambil demi memastikan pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan memuaskan bagi semua pengguna jalan,” pungkas Denny.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *