Live Program Jelajah UHF Digital

Pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 TNI AU Keempat Tiba Tanah Air

JAKARTA – Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Andyawan Martono menyambut kedatangan pesawat C-130J-30 Super Hercules TNI Angkatan Udara yang keempat di Apron Lanud Halim Perdanakuma, Jakarta. Senin (22/1/2024).

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati mengatakan pesawat Hercules ini merupakan pesawat ke -4 dari 5 pesawat yang dipesan Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk TNI Angkatan Udara.

Agnung melanjutkan selama lima hari perjalanan dari Amerika serikat dengan waktu tempuh kurang lebih 30 jam terbang.

“Rute yang dilalui yakni Marietta, Georgia – San Diego, California – Honolulu – Marshall Island – Guam – Lanud Halim Perdanakusuma,” ujarnya.

Pesawat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1344 ini akhirnya landing dengan aman di Lanud Halim Perdanakusuma dan disambut dengan tradisi water salute.

Agung menambahkan misi penerbangan A-1344 ini dipimpin langsung Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astara Duta, didampingi Kasiopslat Disops Lanud Halim Perdanakusuma Mayor Pnb Chandra Danang Jaya, dan Kaflight Line 1 Flighthar Skadud 31 Kapten Tek Barry Yoga Patria dan membawa serta personel ahli dari Lockheed Martin, yaitu Richard Anthony, John Justin, Rolland Mark, dan Robert John,

“Pesawat keempat ini akan memperkuat Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, untuk melaksanakan tugas-tugas TNI AU dalam mendukung angkutan udara baik untuk misi Operasi Militer Perang (OMP) maupun Opersi Militer Selain Perang (OMSP),” tambahnya

Menggunakan engine produksi Rolls Royce AE2100D3 yang mampu menghasilkan daya dorong hingga 4,691 pshp dan propeller buatan Dowty R391 dengan 6 blade propellers berbahan composite pesawat C-130J-30 Super Hercules ini memiliki kemampuan maximum take-off weight hingga 164.000 lbs

Pesawat ini juga memiliki kemampuan membawa beban maksimal hingga hampir 20.000 kilogram. Selain itu, C-130J ini dapat memuat 8 palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, dan 92 pasukan terjun payung.

Super Hercules C-130J ini juga memiliki peningkatan fitur dari tipe pendahulunya misalnya peningkatan sistem perlindungan bahan bakar, serta sistem penanganan kargo. Terdapat juga perbaikan sistem flight station yang lebih canggih dan sistem avionik digital terintegrasi penuh dan memiliki tampilan layar head-up, serta navigasi canggih yang mencakup sistem navigasi inersia ganda dan GPS.

Kedatangan Super Hercules C-130J semakin memperkuat kesiapan TNI Angkatan Udara dalam mengawal kedaulatan NKRI dan mempertegas komitemen Pemerintah dalam memodernisasi Alutsista yang dimiliki TNI AU.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *