Live Program Jelajah UHF Digital

Breaking News: Besok MK Akan Gelar Sidang Perdana Sengketa Pilpres 2024

JAKARTA – Mahkamah Konstintusi (MK) akan menggelar sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilu Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada Rabu 27 Maret 2024 besok. Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh MK untuk melaksanakan persidangan.

“Persiapan sudah dilakukan, yang pasti di ruang sidang dulu ya, ruang sidang itu kita sudah siapkan rencana persidangan besok, besok kan ada dua perkara ya, pagi dulu jam 8.00 WIB itu perkara 01 kemudian siang jam 13.00 WIB sampai selesai itu perkara 02, 02 itu nomor maksudnya nomor perkara ya,” kata Juru Bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2024).

Dijelaskan Fajar, nantinya pihak pasangan calon (paslon) dari 01 Anies-Muhaimin ataupun 03 Ganjar-Mahfud masing-masing diberikan 12 kursi ditambah 2 prinsipal yang hadir.

“Dua prinsipal itu calon presiden calon wakil presiden. Jadi, 12 itu kuasa hukum termasuk 2 juru bicara disitu. Begitu juga pihak terkait 12 kuasa termasuk jubir kemudian prinsipalnya,” jelasnya.

Kemudian, MK juga akan menyiapkan 12 kursi untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga 12 kursi untuk Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). “KPU juga 12, Bawaslu juga 12, masing-masing perkara,” tambahnya.

Fajar melanjutkan, pihaknya sudah melakukan otoritas keamanan di dalam Gedung MK saat sidang PHPU berlangsung.

“Untuk keamanan di ruang sidang maupun di sekitaran MK kalau di Gedung MK saya kira sudah, titik-titik pengamanan sudah, termasuk di ruang sidang tentu pengamanan secara tertutup. Sementara di luar Gedung Mahkamah Konstitusi itu otoritasnya kepolisian,” pungkasnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *