Live Program Jelajah UHF Digital

Hadapi Debat Capres Soal Pertahanan, Mahfud Md Tidak Berikan Masukan Khusus untuk Ganjar

JAKARTA – Cawapres nomer urut 3, Mahfud Md mengaku tidak memberikan masukan khusus kepada Capres nomer urut 3, Ganjar Pranowo untuk menghadapi Debat Capres ke 3 yang diselenggarakan oleh KPU. Tema debat capres ke 3 yakni akan membahas Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

“Ya, Pak Ganjar sudah tahu itu. Dia sudah menguasai itu, saya sudah bicara. Jadi saya tidak akan memberi masukan khusus,” katanya kepada wartawan di kantor Kemenkopolhukam di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Rabu (3/1/2024).

Meski Ganjar sudah menguasai materi debat Capres. dirinya tetap akan mendampingi acara rutin rangkaian pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali.

“Tapi saya akan mendampingi karena dia sudah siap, baik untuk menampung pertanyaan, menjawab pertanyaan maupun untuk melontarkan pertanyaan dalam debat. Dia sudah siap segalanya,” ungkapnya.

“Lah 5.0 itu artinya sudah siap memasuki era industri kelima. Kan kemarin 4.0, sekarang 5.0, terus kan berkembanga yang arahnya tetap ke AI dan digitalisasi,” tutupnya.

Berikut Jadwal Lengkap Debat Pilpres 2024

Debat Pilpres 2024 digelar dengan format tiga kali untuk calon presiden (capres) dan dua kali untuk calon wakil presiden (cawapres). Berikut ini adalah jadwal lengkap debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024.

  1. Debat pertama (Capres): 12 Desember 2023
    Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga
  2. Debat kedua (Cawapres: 22 Desember 2023
    Tema: Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan
  3. Debat ketiga (Capres): 7 Januari 2023
    Tema: Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik
  4. Debat keempat (Cawapres): 21 Januari 2023
    Tema: Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa
  5. Debat kelima (Capres): 4 Februari 2023
    Tema: Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Aturan Debat Pilpres 2024

  • Aturan debat Pilpres 2024 tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024. Berikut daftar aturan debat Pilpres 2024.
  • Calon presiden dan/atau calon wakil presiden yang mengikuti debat tidak boleh mendelegasikan ke orang lain dan wajib hadir dalam debat tersebut.
  • Calon presiden dan/atau calon wakil presiden yang tidak mengikuti debat pasangan calon karena melaksanakan ibadah, dibuktikan dengan surat keterangan dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan disampaikan kepada KPU paling lambat 3 hari sebelum pelaksanaan debat.
  • Calon presiden dan/atau calon wakil presiden yang tidak mengikuti debat pasangan calon karena alasan kesehatan dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah dan disampaikan kepada KPU sebelum pelaksanaan debat.
  • Dalam hal terdapat alasan ketidakhadiran calon presiden dan/atau calon wakil presiden sebagaimana dimaksud pada dua poin di atas, KPU berwenang menetapkan kebijakan lain untuk memenuhi ketentuan 5 kali debat pasangan calon.

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *