Live Program Jelajah UHF Digital

Jelang Debat Keempat Capres Cawapres Pilpres 2024, Ini Jadwal dan Temanya

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan debat keempat bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Berbeda dari debat ketiga, debat keempat ini akan menjadi “panggung” bagi para cawapres untuk saling beradu gagasan.

Tiga cawapres yang akan berpartisipasi dalam debat keempat ini adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Berikut adalah jadwal, tema, lokasi, dan format debat keempat capres-cawapres.

Debat keempat dijadwalkan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada Minggu, 21 Januari 2024, pukul 19.00 WIB. Tema debat akan dibagi menjadi enam bagian, mencakup Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup (tema pertama), Sumberdaya Alam dan Energi (tema kedua), Pangan (tema ketiga), Agraria (tema keempat), Masyarakat Adat (tema kelima), dan Desa (tema keenam).

Sebanyak sebelas nama telah menyatakan kesediaannya menjadi panelis dalam debat keempat ini. Beberapa di antaranya adalah Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin), Dr. Arie Sujito, SP M.Si (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM), dan Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor).

August Mellaz, Komisioner KPU, menegaskan bahwa format debat keempat tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan debat sebelumnya. Pada debat ini, ketiga cawapres akan menjawab pertanyaan dari panelis secara acak, dapat saling bertanya, dan memiliki waktu untuk menanggapi pernyataan lawan debatnya.

Dengan demikian, debat keempat ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai pandangan dan gagasan para cawapres terkait tema-tema yang diangkat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *