Live Program Jelajah UHF Digital

Joe Biden Dipastikan Absen Dalam KTT ASEAN di Jakarta

JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden dipastikan tidak akan menghadiri KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta yang digelar pada 5 hingga 7 September 2023 mendatang. Absennya Bidden di KTT ASEAN lantaran melakukan rangkaian kunjungan ke India dalam agena KTT G-20 pada 7 hingga 10 September.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan pada Selasa waktu setempat mengumumkan bahwa Wakil Presiden Kamala Harris akan mewakili AS dalam pertemuan puncak para pemimpin ASEAN itu.

Reuters melaporkan secara eksklusif 9 Agustus lalu bahwa Biden tidak mungkin menghadiri KTT ASEAN di Jakarta. Sejumlah diplomat mengatakan akan sangat mengecewakan bagi ASEAN jika Biden tidak hadir.

Ketika ditanya soal kritik bahwa ketidakhadiran Biden dalam KTT itu akan menimbulkan pertanyaan terhadap komitmen AS kepada kawasan yang menghadapi perluasan pengaruh China itu, Sullivan menjawab bahwa keterlibatan AS dengan Asia Pasifik sudah diumumkan sejak 2021.

Di India, Biden akan menegaskan kembali komitmen AS terhadap G20, sebagai forum utama kerja sama ekonomi global, termasuk komitmen AS menjadi tuan rumah G20 pada 2026, kata Sullivan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *