Live Program Jelajah UHF Digital

KCIC Siapkan Kejutan! Dapatkan Pengalaman Lebaran yang Tak Terlupakan dengan Whoosh!

JAKARTA – Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan penambahan jadwal perjalanan harian Whoosh sebanyak 30 persen. Penambahan jadwal perjalanan itu untuk menghadapi dan menyambut libur Lebaran perdananya di tahun 2024.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan KCIC menetapkan masa Angkutan Lebaran sejak 3 – 18 April 2024. Pada periode tersebut KCIC akan mengoperasikan sebanyak 40 perjalanan Whoosh reguler dan 12 perjalanan tambahan. Totalnya sebanyak 52 perjalanan per hari atau hingga 31 ribu tempat duduk yang disediakan oleh KCIC untuk melayani penumpang di masa libur lebaran.

Dengan bertambahnya jadwal perjalanan, headway Whoosh di jam sibuk mencapai hingga 25 menit. Whoosh sendiri akan beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Halim – Tegalluar dan pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Tegalluar – Halim. Hal ini membuat para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Jumlah ini merupakan rekor tersendiri bagi KCIC, dimana sebelumnya jumlah perjalanan tertinggi per harinya hanya sebanyak 48 perjalanan. Peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi seperti pada periode libur panjang sebelumnya,” ujar Eva kepada wartawan melalui keterangan tertulis yang dikutip Garuda.Tv, Rabu (4/4/2024).

Penambahan jadwal perjalanan Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi. Selain itu KCIC juga telah berkordinasi dengan seluruh operator intermoda lainnya untuk memenuhi kebutuhan angkutan lanjutan para penumpang dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi lainnya. Tersedia layanan mulai dari LRT Jabodebek, Commuterline, Bus TransJakarta, Bus Trans Metro Pasundan, Bus menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, shuttle, dan taksi yang siap melayani seluruh penumpang Whoosh.

Dalam masa angkutan Lebaran ini, KCIC tetap menerapkan skema tarif dinamis untuk kelas Premium Economy. Penumpang sudah bisa melakukan pemesanan tiket di saluran resmi yang tersedia seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Pastikan pada saat pemesanan data pada tiket sudah sesuai dengan identitas asli yang dimiliki penumpang. Hal ini bertujuan untuk memastikan protokol keamanan serta kesesuaian manifes guna kepentingan asuransi perjalanan.

Selain itu, KCIC juga mengimbau kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan terkait barang bawaannya. Pastikan jumlah, volume dan dimensinya sesuai dengan aturan agar kenyamanan seluruh penumpang dapat terjaga. Penumpang juga dilarang membawa Hewan, Narkotika, Senjata api dan tajam, Barang mudah terbakar, Barang berbau tajam, dan Barang yang tidak diperbolehkan petugas dan peraturan perundang-undangan.

Sebagai peningkatan pelayanan KCIC akan menghadirkan layanan takjil gratis bagi penumpang pada jadwal tertentu, meluncurkan layanan passenger service mobile di tiap stasiun, bazaar dan tenan baru di stasiun-stasiun, serta sistem refund dan reschedule online yang sudah dinanti-nantikan masyarakat.

Eva menjelaskan, berdasarkan pantauan sampai dengan saat ini, tanggal yang menjadi favorit masyarakat adalah mulai keberangkatan H-5 Lebaran yaitu tanggal 5 April dan seterusnya. Tiket yang sudah terjual pada tanggal dan jam favorit sudah mencapai di atas 80%. Jumlah tersebut masih akan terus berubah sehubungan penjualan tiket yang masih berlangsung.

“Kami ingin memberikan segala yang bisa kami berikan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Di tengah tingginya mobilitas masyarakat selama periode libur lebaran ini, berbagai layanan tambahan diharapkan bisa membuat perjalanan penumpang semakin nyaman.” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *