Live Program Jelajah UHF Digital

Optimalkan Pelayanan Mudik, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Buka Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo

Kartasura – Dalam rangka mendukung pelayanan yang optimal bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan menghabiskan liburan di wilayah Yogyakarta pada periode Hari Raya Idul Fitri 1445H/Tahun 2024, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memberikan inisiatif dengan mengoperasikan jalur fungsional tol Jogja-Solo sepanjang 22 KM, mulai dari Colomadu hingga Ngawen (Klaten).

Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah, menjelaskan bahwa jalur fungsional ini merupakan bagian dari tahap 1 pekerjaan Jalan Tol Jogja–Solo. Operasional jalur fungsional ini akan berlangsung selama periode arus mudik (dari Colomadu menuju Ngawen) pada 5-11 April 2024, serta periode arus balik (dari Ngawen menuju Colomadu) pada 12-15 April 2024.

“Pada periode tersebut, kami membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Colomadu – Ngawen dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Jalur ini khusus untuk kendaraan Golongan I Non Bus/Kendaraan Kecil dengan kecepatan maksimum 40 KM/jam,” ujar Rudy.

Optimalkan Pelayanan Mudik, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Buka Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo
Jalan tol Jasa Marga (sumber : Jasa Marga)

Dibandingkan dengan pelayanan libur Natal 2023/Tahun Baru 2024 (Nataru), jalur fungsional kali ini lebih panjang, mencapai 22 KM hingga Ngawen, menambah 9 KM dari sebelumnya. Meskipun jalur ini masih dalam tahap pengembangan, PT JMJ menjamin keamanan bagi pengguna jalan.

“Pada periode ini, kami memprediksi volume lalu lintas mencapai 1.000 kendaraan/jam. Dengan jalur yang lebih panjang, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal dan menjadi alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas,” jelas Rudy.

Untuk memastikan kelancaran operasional, PT Jasamarga Jogja Solo telah menyiapkan petugas dan posko Lebaran di berbagai titik strategis. Selain itu, fasilitas seperti toilet, SPBU mobile, layanan darurat, dan rambu petunjuk telah disediakan untuk kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Dalam menjaga keselamatan bersama, pengguna jalan diimbau untuk berkendara dengan kondisi prima, mematuhi aturan lalu lintas, dan tidak melampaui batas kecepatan yang telah ditentukan. Posko Lebaran dan fasilitas pendukung juga siap membantu pengguna jalan yang membutuhkan informasi atau bantuan di sepanjang jalur fungsional tol Jogja–Solo.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *