Live Program Jelajah UHF Digital

MER-C Minta Tiga Paslon Capres Dukung Palestina dan Boikot Produk Israel

JAKARTA – Organisasi kemanusian bidang Kegawatdarutan medis (MER-C) meminta kepada seluruh Paslon Capres dan Cawapres bermkomitmen mendukung Palestina dan memboikot produk Israel dan menghentikan perdagangan dengan Israel.

Seperti yang dilansir dalam situs resmi MER-C, Sabtu (6/1/2024), pernyataan tertulis disampaikan MER-C lewat surat yang ditandatangani Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad, bertanggal 5 Januari 2024.

“Dalam surat terbuka ini, kami ingin mengingatkan kepada para Capres agar jika terpilih dan ditakdirkan menjadi Presiden Republik Indonesia untuk lima tahun mendatang, Bapak dapat melakukan upaya yang lebih terhadap Palestina dan juga tegas kepada Israel baik politik maupun ekonomi. Ketegasan ini sangat dibutuhkan ketika dunia Arab semakin mesra dengan Israel,” tulis MER-C.

Dalam situs itu menegaskan, bahwa Indonesia dan Palestina memiliki hubungan yang sangat erat. Palestina juga merupakan satu-satunya negara anggota Konferensi Asia Afrika (KAA) pada Tahun 1955 yang belum mendapatkan kemerdekaannya.

Indonesia punya tanggung jawab konstitusi dan sejarah untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Namun hari ini, gempuran Israel ke Jalur Gaza dan Tepi Barat belum reda.

“Agresi ini menimbulkan bencana kemanusiaan dan mengarah ke genosida. Kita menyaksikan betapa sadis apa yang telah dilakukan Israel terhadap Palestina,” tulis MER-C.

Maka, MER-C mengemukakan lima poin yang perlu dipenuhi ketiga capres yang sama-sama berusaha menjadi Presiden RI berikutnya. Berikut adalah lima poin tersebut:

  1. Tetap berjuang untuk membela Palestina dalam solusi dua negara hingga Palestina meraih kemerdekaannya
  2.  Berkomitmen untuk tidak membuka hubungan atau komunikasi dalam konteks membuka hubungan diplomatik dengan Israel
  3.  Berkomitmen memboikot ekonomi Israel, dengan memboikot produk-produk Israel khususnya yang berasal dari Tepi Barat sehingga tidak ada impor-impor illegal dan tidak ada transaksi perdagangan gelap antara Indonesia dengan Israel di level manapun
  4. Berkomitmen mendukung Palestina di forum-forum internasional.
  5. Berkomitmen untuk totalitas dalam membantu Palestina dan memutus hubungan dengan Israel di bidang apapun.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *