Live Program Jelajah UHF Digital

Perkuat Matra Udara, Kemhan RI Serahkan Pesawat Angkut Buatan Dalam Negeri

JAKARTA – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) berkomitmen akan menambah dan memperkuat Alutsista TNI. Kali ini Kemhan akan menyerahkan sembilan unit pesawat pesawat terbang NC-212i untuk Matra Udara.

Penyerahan pesawat buatan anak negeri ini akan diberikan secara bertahap. Saat ini sudah dikirim lima unit Pesawat, NC-212i akan diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada TNI Angkatan Udara di Lanud Halim Perdanakusuma pada hari Selasa (12/12/2023).

Untuk diketahui, Pesawat NC-212i meruapakan pesawat kategori pesawat angkut ringan serbaguna ini selanjutnya akan memperkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Pengadaan pesawat ini adalah dalam rangka mendukung kegiatan operasional TNI baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan memajukan industri pertahanan dalam negeri.

Pesawat NC-212i merupakan produk yang sepenuhnya dibuat anak bangsa di PTDI.

Pesawat NC-212i dapat digunakan dengan berbagai konfigurasi antara lain sebagai pengangkut pasukan, evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca atau hujan buatan, dan pelatihan navigasi udara.

Dengan design dan proses perawatan yang simple menjadikan pesawat ini efisien dalam biaya operasional maupun perawatan sehingga menjadikannya pesawat terbaik di segmen pesawat angkut ringan.

Adapun keunggulan pesawat NC-212i yaitu pesawat menggunakan sistem avionik generasi terbaru guna meningkatkan keselamatan penerbangan dan mengurangi beban kerja crew pesawat, memiliki kapasitas muatan 28 penumpang, payload terbesar di kelasnya yaitu 3 ton, kabin terluas di kelasnya dengan volume kabin 22 m3, dilengkapi dengan ramp door untuk mempermudah loading dan unloading. serta memiliki kemampuan take off landing di runway yang tidak beraspal.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *