Live Program Jelajah UHF Digital

Prajurit Elite TNI Polri Pemburu KKB Dapat Hadiah Pin Emas dari Kapolri

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memberikan penghargaan berupa pin emas kepada anggota Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 dari TNI dan Polri atas keberhasilan mereka dalam menegakkan hukum terhadap KKB teroris di Papua.

Seremoni pemberian pin emas Kapolri dilangsungkan dalam upacara di Lapangan Batalyon B Satbrimob Polda Papua, Timika, yang dipimpin oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Petrus Patridge Rudolf Renwarin, mewakili Kapolri, pada Kamis (28/12/2023).

“Saya hari ini mewakili Bapak Kapolri memberikan pin emas Kapolri kepada personel Satgas Operasi Damai Cartenz dari TNI maupun Polri,” ujar Wakapolda Papua Brigjen Petrus Patridge Rudolf Renwarin.

Menurut Patridge, pin emas Kapolri merupakan penghargaan yang diberikan oleh Polri kepada individu yang dinilai layak menerimanya, setelah melalui serangkaian seleksi sesuai kriteria yang ditetapkan.

“Saya sebagai Wakapolda Papua paham betul bagaimana perjuangan rekan-rekan di Satgas Operasi Damai Cartenz karena saya terus memantau laporan, kejadian, dan pencapaian Operasi Damai Cartenz dalam menegakkan hukum terhadap KKB,” ungkap Patridge.

Dia menambahkan, para anggota satgas telah mengorbankan waktu dengan meninggalkan keluarga mereka selama hampir satu tahun, berhadapan dengan KKB di pedalaman Papua dengan logistik yang terbatas, serta menghadapi kondisi cuaca dan medan yang sangat ekstrem di Papua.

Selama tahun 2023, tercatat 98 kali tindakan penegakan hukum terhadap KKB Papua, dengan 33 KKB diproses hukum, 19 KKB tewas dalam kontak tembak, 7 KKB ditangkap, dan berhasil menyita sejumlah persenjataan dan barang bukti serta menduduki 42 markas KKB.

“Ada banyak pencapaian pada tahun ini, dan saya percaya bahwa mereka pantas menerima penghargaan Pin Emas dari Kapolri,” tambahnya.

Patridge juga menyebutkan bahwa pemberian pin emas ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja anggota di masa depan dan memperkuat kerja sama antara TNI dan Polri dalam upaya menegakkan hukum di Papua.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2023, AKBP Bayu Suseno, menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut. “Kami, dari personel Operasi Damai Cartenz 2023, mengucapkan terima kasih kepada Kapolri atas pemberian pin emas ini. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik di masa tugas mendatang,” tutur Bayu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *