Live Program Jelajah UHF Digital

Survei LSJ: Loyalitas Pemilih Prabowo-Gibran Paling Tinggi, Raih 80,3%

JAKARTA – Lembaga Survei Jakarta (LSJ) kembali merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas Capres dan Cawapres yang berkompetisi di Pemilu 2024 mendatang. Capres dan Cawapres nomer urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka memperoleh dukungan dari pemilih dengan persentase 80,3%.

“Dari survei LSJ terlihat bahwa pasangan Prabowo-Gibran memegang pemilih yang paling kokoh. Sebanyak 80,3% dari pemilihnya menyatakan telah mantap dengan pilihan mereka, sementara hanya 17,6% yang masih mungkin berubah,” kata Direktur Riset LSJ, Fenta Ardianto, dalam rilis survei virtual pada Kamis (28/12/2023).

Sementara ke dua Paslon lainnya yakni Paslon Capres dan Cawapres nomer 1, Anies – Muhaimin Iskandar dan Paslon Capres nomer urut , Ganjar – Mahfud Md masing-masing memperoleh tingkat kepercayaan dari pemilih sebanyak 68,5% dan 72,8%.

“Kami juga melihat bahwa sebanyak 72,8% pemilih telah mantap memilih pasangan Ganjar-Mahfud. Lebih lanjut, ada 24,6% pemilih pasangan Ganjar-Mahfud yang masih dalam pertimbangan, sementara pasangan Anies-Cak Imin baru memegang 68,5% yang mantap dengan pilihan mereka dan 28,3% masih berpotensi mengubah pilihan,” tambahnya.

Selain mengenai tingkat loyalitas responden, survei LSJ juga menyoroti alasan di balik mayoritas pemilih yang memilih pasangan Prabowo-Gibran. Salah satunya adalah pandangan bahwa Prabowo adalah sosok yang tegas, berani, dan memiliki rekam jejak baik sebagai Menteri Pertahanan. Sementara itu, mayoritas responden melihat Gibran sebagai sosok cerdas dan tenang.

Ada juga alasan lain yang menonjol, yaitu komitmen pasangan Prabowo-Gibran untuk melanjutkan program-program strategis yang telah dicanangkan oleh pemerintahan sebelumnya, serta persepsi publik mengenai pasangan ini sebagai representasi yang ideal (kombinasi sipil-militer dan perpaduan usia).

Selain mengenai loyalitas pemilih, survei yang sama juga menunjukkan elektabilitas ketiga pasangan calon tersebut. Pasangan Prabowo-Gibran mendominasi dengan 50,3% suara, diikuti oleh pasangan Anies-Cak Imin dengan 23,2%, dan pasangan Ganjar-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 23,1%.

Survei LSJ berjudul ‘Pasca Debat, Paslon Mana Melesat?’ dilakukan dalam rentang waktu 22 sampai 27 Desember 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden tersebar di 38 provinsi di Indonesia. Metode survei ini menggunakan teknik multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error sebesar +/- 2,83%.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *