Live Program Jelajah UHF Digital

Geger Coklat Ganja Marak Beredar di Bojonggede

JAKARTA – Polresta Bogor Kota berhasil membongkar industri rumahan pembuatan coklat ganja di Bojonggede, Kabupaten Bagor, Jawa Barat. Ratusan gram barang bukti turut diamankan polisi.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso mengatakan dalam menindakan ini, pihaknya mengamankan empat orang tersangka dan 173 gram coklat ganja.

“Kita juga mengamankan empat orang tersangka di kos-kosannya, dia memproduksi tembakau sintetis, kemudian ganja ada barang bukti yang diamankan di TKP juga coklat narkotika jenis ganja dengan berat keseluruhan 173 gram,” katanya kepada wartawan, Kamis (1/2/2024)

Bismo menjelaskan ke empat tersangka yang diamankan berinisial NCR (19), MIN (19), DPP (18), dan FS (21). Keempat tersangka memiliki peran masing-masing.

“Dari empat tersangka perannya ada yang meracik, menempelkan, ada yang menerima bahan-bahannya. Sindikat lain sedang didalami,” ucapnya.

Para tersangka mampu memproduksi cokelat ganja hingga 1 kilogram per hari di kos-kosannya. “Cokelat ganja ini kemudian diedarkan melalui online dan offline di wilayah Bojonggede, Kemang, Tajurhalang, Kabupaten Bogor dan sekitar Tanahsareal, Kota Bogor,” lanjutnya.

“Keterangan tersangka (produksi cokelat ganja) di sana baru dua minggu, tapi kemungkinan berpindah tempat. (Produksi dalam sehari) Yang kita dapat kurang lebih 200 gram, mungkin sekitar 1 kilo lah” ujarnya.

Dari pengakuan pelaku, coklat yang sudah dipasarkan, ada juga yang dikonsumsi tersangka sendiri dan mereka menyatakan efeknya hampir sama dengan ganja biasa.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 113 Undang-Undang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda Rp 1 milyar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *