Live Program Jelajah UHF Digital

Kaus Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Terjual Seharga 121 Miliar

Enam kaus yang dikenakan oleh Lionel Messi selama Piala Dunia 2022 terjual dengan total $7,8 juta (121 miliar rupiah) dalam lelang Sotheby’s di New York.

Messi menjadi kapten Argentina yang memenangkan turnamen tersebut dengan mengalahkan Prancis melalui adu penalti dalam pertandingan final.

Enam kaus tersebut berasal dari babak pertama final, semi-final, perempat final, babak 16 besar, dan dua pertandingan grup.

Rekor untuk kaus sepak bola yang dikenakan dalam pertandingan dipegang oleh kaus ‘Hand of God’ milik Diego Maradona, yang terjual seharga £7,1 juta pada tahun 2022.

Messi, yang delapan kali memenangkan Ballon d’Or, menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol di babak grup, 16 besar, perempat final, semi-final, dan final dalam satu turnamen.

Dia bermain di semua tujuh pertandingan Argentina di Piala Dunia 2022, tetapi hanya dua dari tiga kaus yang dikenakan Messi selama babak grup yang akan dilelang, setelah Cammy Devlin, pemain Australia dari Heart of Midlothian, menukarkan kaus dengan penyerang mantan Barcelona tersebut selama turnamen.

Sotheby’s mengatakan: “Sebagian dari hasil lelang akan didonasikan ke Unicas Project, yang dipimpin oleh Sant Joan de Deu Barcelona Children’s Hospital dengan dukungan dari Leo Messi Foundation, untuk memenuhi kebutuhan anak-anak yang menderita penyakit langka.”

Dalam pernyataannya, Brahm Wachter, Kepala Koleksi Modern di Sotheby’s, menjelaskan bahwa Piala Dunia 2022 dianggap sebagai salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah olahraga.

Wachter menambahkan bahwa harga penjualan ini mencetak rekor sebagai penjualan barang yang terkait dengan Messi dan merupakan barang memorabilia olahraga paling berharga yang terjual di lelang tahun ini.

Messi baru-baru ini dinobatkan sebagai “Atlet Terbaik Tahun Ini” versi majalah Time untuk tahun 2023, dan berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or kedelapan pada awal bulan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *