Live Program Jelajah UHF Digital

Kompolnas Anggap Penangkapan Saiful Jamil dan Asistennya Abaikan SOP

JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sayangkan proses penangkapan Saiful Jamil dan asistennya di jalanan. Kompolnas menilai penindakan itu dianggap mengabaikan SOP.

“Kami sangat prihatin melihat video yang beredar viral menunjukkan aparat melakukan kekerasan dalam bentuk tindakan fisik dan verbal, di mana perbuatan tersebut tergolong sebagai tindakan penyiksaan dan perbuatan yang merendahkan martabat manusia dalam melakukan penangkapan terhadap saudara SJ (Saipul Jamil) dan pengemudi mobilnya,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan.

Poengky menegaskan bahwa penindakan yang dilakukan polisi terhadap pedangdut SJ dan asistennya tidak mengkedepankan asas praduga tidak bersalah. Terlebih lagi, setelah dilakukan tes urine. SJ dinyatakan negatif narkoba.

“Apa yang dipertontonkan aparat berpakaian preman dengan tindakan kekerasan fisik dan verbal terhadap saudara SJ dan pengemudinya justru mirip tindakan premanisme jalanan. Kami mendorong Bid Propam Polda Metro Jaya pro aktif melakukan pemeriksaan kepada para penyidik agar tindakan penangkapan yang merendahkan martabat tersebut tidak terulang lagi. Kompolnas akan mengirim surat rekomendasi kepada Kapolda Metro Jaya terkait kasus ini agar tidak terulang kembali,”tegasnya.

Kompolnas mendorong adanya evaluasi proses penangkapan viral tersebut serta ditindaklanjuti dengan pemeriksaan kepada penyidik dan atasannya.

“Kasus Saipul Jamil ini harus dijadikan momentum untuk meningkatkan profesionalitas penyidik. Kompolnas juga mendorong disegerakannya penggunaan body camera kepada penyidik yang bertugas di lapangan sebagai bentuk pengawasan melekat,”jelasnya

Untuk diketahui, Pedangdut berinisial SJ dan asistennya ditangkap polisi di jalur busway di kawasan Jelambar, Jakarta Barat, pada Jumat 5 Januari 2024.

Saipul Jamil sempat meneriaki polisi yang menangkapnya dengan sebutan ‘begal’ saat itu.

Belakangan setelah dites rambut, Saipul Jamil dinyatakan negatif narkoba. Saipul Jamil kemudian dipulangkan setelah dimintai keterangan polisi.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *