Live Program Jelajah UHF Digital

Mengejutkan! Ternyata Segini Harga Baterai Wuling Air EV

Jakarta – Wuling Air EV telah memperkuat posisinya sebagai salah satu model mobil listrik yang sangat terjangkau di pasaran. Namun, muncul pertanyaan seputar harga baterai dari Wuling Air EV. Bagaimana sebenarnya?

Wuling Air EV telah berhasil mengubah dinamika pasar mobil listrik di Indonesia dengan menawarkan harga yang bersahabat di kantong konsumen. Di tengah maraknya penawaran mobil listrik dengan harga melebihi Rp 500 juta, Wuling mampu menetapkan harga Air EV di bawah angka Rp 300 juta. Tidak hanya itu, Wuling Air EV juga menjadi salah satu penerima subsidi pemerintah, yang turut mengurangi harga menjadi sekitar Rp 270 jutaan.

Dalam konteks mobil listrik, perhatian seringkali tertuju pada harga baterai, yang memiliki peran sentral dalam kinerja kendaraan tersebut. Harga baterai disebut-sebut sebagai salah satu faktor penentu signifikan dalam menentukan harga jual mobil listrik. Dengan penawaran harga di bawah Rp 300 juta, berapa sebenarnya harga baterai Wuling Air EV?

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengungkapkan bahwa harga baterai Wuling Air EV hampir mencapai Rp 100 juta.

“Mendekati Rp 100 juta yang long range,” kata Danang saat dihubungi detikOto pada Rabu (6/12/2023).

Wuling Air EV Long Range dilengkapi dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh. Dengan baterai ini, Air EV Long Range dapat mencapai jarak tempuh hingga 300 km. Perlu dicatat bahwa baterai yang digunakan oleh Wuling Air EV adalah tipe Lithium Ferro-Phosphate, telah melewati uji ketahanan terhadap air dan debu dengan rating IP67. Hal ini menjadikan pemilik mobil listrik, seperti Air EV, merasakan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi.

Lithium Ferro-Phosphate (LiFePO4) sendiri merupakan jenis baterai yang umum digunakan dalam kendaraan listrik karena keunggulannya, seperti tingkat keamanan yang tinggi, umur pakai yang panjang, dan ketahanan terhadap suhu tinggi.

Dengan penawaran harga tersebut, Wuling memberikan garansi selama 8 tahun atau 120.000 km (mana yang tercapai lebih dulu) untuk baterai, motor penggerak, hingga motor controller. Sementara garansi umum diberikan hingga 3 tahun atau 100.000 km.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *